Our blog

10 Dasar Strategi Pemasaran Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah)


May 17, 2013 2 comments Facebook Strategy

1. Dapat menjelaskan apa yang anda lakukan? Mintalah teman atau kolega untuk memberikan penilaian yang jujur dari deskripsi anda? Apakah itu memberikan pendengar pemahaman dasar tentang apa yang anda lakukan? Jika tidak, buatlah menjadi prioritas untuk bekerja di atasnya. Sebelum seseorang dapat memutuskan apakah mereka mungkin membutuhkan produk atau layanan anda, maka mereka harus terlebih dahulu memahami apa yang anda lakukan.

2. Jadilah UNIK di semua yang anda lakukan. Jangan hanya memberikan lip service. Jika anda telah memutuskan untuk mengadopsi pendekatan yang unik untuk membuat bisnis berkesan seperti (tagline, tanda tangan bisnis, giveaway, maskot, ilustrasi, foto, skema warna, dll), pastikan untuk menggunakannya secara konsisten dalam upaya pemasaran. Ini harus menjadi bagian dari brand image usaha anda.

3. Gunakan pernyataan misi sebagai filter untuk semua yang anda lakukan. Setelah itu memutuskan apa yang jelas dari tujuan pemasaran, strategi, sasaran dan taktik. Bedakan dan identifikasi hal-hal yang TIDAK sesuai. Misalnya, jika anda telah mengidentifikasi kendaraan pemasaran yang terbaik untuk mencapai pelanggan, maka itu sangat mudah untuk mengatakan “tidak” kepada orang-orang penjual menawarkan peluang pemasaran yang tidak sesuai rencana anda.

4. Jangan melompat proses …. Temukan target pasar dan perbedaan poin usaha anda sebelum mulai pemasaran. Bahan jaminan layanan, situs web, dan iklan akan jauh lebih efektif serta lebih murah untuk memproduksi jika anda memiliki strategi pemasaran yang terstruktur terlebih dahulu. Kemudian anda hanya mengikuti rencana dalam segala hal sesuai dengan pointer terstruktur. Hindari “shotgun” pendekatan atau “reaktif” marketing.

5. Berikan kembali kepada masyarakat … strategis. Begitu banyak komunitas, jejaring sosial serta organisasi di luar sana menjadi target pasar yang signifikan tetapi anda tidak bisa melakukan semuanya. Jadi, memilih orang yang terbaik akan posisi dengan target pasar anda membuat pemasaran produk menjadi lebih unik untuk memilih pangsa pasar yang jelas.

6. Jaringan efisien dan efektif. Jika anda tidak merasa bahwa anda adalah seorang networker yang kompeten, sekarang adalah waktu untuk belajar bagaimana menjadi atau mempekerjakan seseorang yang bijak sebagai ujung tombak pemasaran usaha anda.

7. Ingat bahwa iklan tidak konsisten. Jadi jangan menghakimi jika iklan selalu uang yang menjadi capaiannya. Seorang calon pelanggan harus terkena pesan sama dengan cara sama berkali-kali sebelum mereka siap untuk mengambil keputusan pembelian. Pilih sebuah board iklan di mana anda mampu untuk memiliki kehadiran yang berkelanjutan dan konsisten.

8. Success Story…Menjadikan rencana bekerja secara berkelanjutan dan konsisten akan rencana sukses anda kedepan.

9. Mencari cara untuk menetapkan diri anda sebagai ahli di bidangnya. Misalnya ceramah, artikel publikasi dan peran kepemimpinan sehingga semua dapat membantu image anda sebagai seorang ahli di bidangnya.

10. Simpan dan implementasikan semua komunikasi pemasaran yang jelas, singkat dan terfokus. Jangan melakukan hal yang tidak konsisten serta keluar dari pointer strategi pemasaran.

2 comments

  • Nasrullah May 17, 2013 at 07:08 am | Reply

    Mantaaap….
    Makasih Min…


  • edi February 24, 2014 at 20:57 pm | Reply

    mantap


Leave a Comment

Back to top
default-poup