Our blog

11 Kunci Sukses Bisnis Toko Online


September 12, 2013 1 comments Facebook Tips

Online shop atau yang dikenal dengan toko online adalah suatu jenis usaha di dunia Internet yang sangat naik daun akhir-akhir ini. Menjamurnya bisnis toko online memang menjadi konsekuensi logis dari tingginya tingkat penetrasi aksesInternet di masyarakat Indonesia. Makin banyak konsumen potensial, makin menguntungkan pula prospek bisnisnya.

Akan tetapi di balik kemudahan membuka sebuah toko online, Anda jangan mengharapkan datangnya laba yang cepat danmudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk membuat nama toko online Anda bisa terangkat. Dan modal yangdigunakan juga lumayan tinggi untuk itu.

Inilah 11 hal yang perlu Anda perhatikan secara seksama saat hendak membuka sebuah toko online. Dengan memfokuskanperhatian pada 11 poin ini, peluang untuk berhasil mendulang rupiah dengan toko online niscaya akan lebih tinggi.

Poin 1: Foto produk
Bila Anda menjual produk yang bisa dilihat, sebuah foto (yang asli, bukan direkayasa) menjadi hal wajib. Mengapa? Karenamanusia sangat memercayai indra penglihatannya. Peluang untuk membeli akan lebih tinggi jika Anda mengunggah foto disamping deskripsi produk yang Anda jual. Oleh karena itu gunakan jasa fotografi profesional jika dana memungkinkan.

Poin 2: Kontak lengkap
Berikan alamat kontak yang jelas dan bisa didatangi secara fisik karena karakter masyarakat kita yang masih belum percayasepenuhnya pada toko online yang tidak memberikan alamat yang jelas. Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Andabisa berikan nomor telepon, nomor ponsel, PIN BlackBerry, alamat surel, Yahoo Messenger dan sebagainya.

Poin 3: Respon cepat
Saat calon pembeli menghubungi via telepon, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segeraberikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk. Dengan mengabaikan mereka, peluang untuk mereka kembali lagiakan makin kecil.

Poin 4: Balas calon pembeli meski terlambat
Seperti sudah dikemukakan tadi, kecepatan sangat penting dalam merespon. Dan yang penting, meski terlambat puncobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Siapa tahu itu potensi besar? Tak jarang banyak orangyang setia menunggu tanggapan Anda tetapi sudah lupa karena padatnya aktivitas.

Poin 5: Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Jangan sampai Anda mengandalkan hanyasatu bank saja. Setidaknya miliki satu rekening di bank swasta nasional dan satu lagi bank pemerintah. Makin banyakalternatif yang memudahkan, makin bagus.

Poin 6: Hindari perang harga
Perang harga memang menyenangkan bagi konsumen dalam jangka pendek. Anda juga bisa meraup lebih banyakpelanggan. Tetapi ini bukan hal yang akan membawa kesuksesan dalam jangka panjang apalagi jika harga yang murahmembuat kualitas produk atau layanan Anda memburuk. Usahakan kualitas tak terpengaruh secara signifikan oleh patokanharga yang rendah.

Poin 7: Berikan kepastian dan tepati
Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan pembeli merupakansebagian hal yang diinginkan kepastiannya dari seorang penjual di toko online. Jangan mempermainkan pelanggan denganmemberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Reputasi usaha akan hancurlambat laun. Beri kepastian kapan barang sampai. Bila perlu berikan nomor resi pengiriman barang agar si pembeli bisa periksa keberadaan barangnya via kantor ekspedisi yang dipakai kita.

Poin 8: Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membelidengan sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik membeli produk tertentu, calon pembeli bisa mengirimkan SMS denganaturan/ kode tertentu atau mengirimkan sejumlah dana dengan aturan tertentu. Itu semua terlihat remeh tetapi cukup rumit di pelaksanaannya.

Poin 9: Perincian harga barang dan ongkos kirim
Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkanperbedaan tarif pula. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Setelah calon pembeli pesan produk, berikan konfirmasimengenai harga dan ongkos kirim.

Poin 10: Update terus menerus
Apa yang terpikir saat kita membuka toko online yang informasinya sudah begitu lama tidak diperbarui. Mungkin satubulan, dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda tidak memperbarui situs toko online Anda dengan sesuatu yang baru,makin rendah minat konsumen untuk datang apalagi bertransaksi. Adanya pembaruan menandakan adanya denyutkehidupan dalam bisnis Anda. Setidaknya jika memang stok terbaru belum ada, berikan secara rutin informasi-informasi menarik dan ringan bagi pengunjung.

Poin 11: Desain dan navigasi yang ramah
Ramah di sini tentu dimaksudkan untuk pengunjung. Desain tak perlu ngejreng atau glamor, yang terpenting adalahfungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang gaptek sekalipun bisa menjelajahi situs toko online Anda dengan baik? Jika iya,selamat. Situs Anda berpeluang lebih tinggi jaring pembeli. Desain yang digunakan juga tentukan kecepatan loading laman web toko online. Konsep desain yang sederhana lebih bermanfaat. Apalagi jika calon pembeli banyak yang mengakses dari ponsel. Anda perlu menyiapkan pula versi mobile situs toko online Anda. Ini akan membuka pintu bagi para calon pembeli yang suka menggunakan ponsel untuk mengakses situs Anda

1 comments

Leave a Comment

Back to top
default-poup