Our blog

3 Kesalahan di Social Media Yang Tidak Disadari


September 11, 2012 1 comments Facebook Marketing, Facebook Strategy

Social media tidak semudah yang dikira. Akan selalu ada platform baru yang membuat Anda harus kembali mendaftar atau bahkan fitur baru yang kembali harus Anda pelajari. Namun dengan mengenali beberapa kesalahan yang kerap Anda lakukan dengan strategi social media, maka Anda bisa meningkatkan hasilnya. Berikut 3 kesalahan di social media yang biasanya Anda perbuat namun tidak disadari.

Tidak Menanyakan Pertanyaan Yang Tepat
Orang selalu ingin tahu “berapa banyak Tweet yang sebaiknya mereka kirim setiap hari” atau “di hari apa sebaiknya postingan di blog dijadwalkan?” Namun pertanyaan ini tidak berguna. Sekarang, produk dan service adalah marketing Anda, yang berarti:

– Jika Anda menyediakan produk, maka buat lah produk yang paling inovatif, unik dan mudah digunakan.
– Jika Anda menyediakan layanan, maka tingkatkan dan lampaui harapan customer.
– Jika Anda menulis di blog, maka tulislah artikel terbaik dan informative.

Kehilangan Fokus
Orang dan perusahaan saat ini sedang berjuang menghadapi masalah yang sama terkait social media. Terlalu banyak kesempatan, terlalu banyak fitur baru dan terlalu banyak strategi serta taktik yang bisa dicoba. Namun masalahnya, Anda mungkinhanya punya waktu sedikit, energi terbatas atau tidak punya banyak uang. Jadi jika ingin berbeda, Anda harus luar biasa. Jangan terlalu luas, fokuslah pada satu platform utama. Lalu bagaimana menentukannya?

– Di platform apa biasanya customer potensial Anda bermain?
– Akitivitas apa yang bisa memberikan marketing ROI paling tinggi?

Mungkin hal tersebut berarti Anda harus mempekerjakan seorang penulis blog dan fokus pada pembuatan konten dan email marketing. Atau mulai meninggalkan platfor social media yang kurang diminati pelanggan, atau bahkan menggunakan Google+ lantaran Anda mengandalkan SEO untuk bisnis Anda.

Realistis
Ekspertis pemasaran, entrepreneur, penulis buku dan public speaker, Seth Godin mengatakan salah satu kesalahan terbesar yang kerap dilakukan marketers adalah tidak sabar. Lalu apa artinya? Siapa yang bisa bersabar saat ada tagihan yang harus dibayar, gaji karyawan yang harus dibayar hingga competitor yang terus berusaha mengejar. Maksudnya bersabar di sini adalah Anda tidak bisa memulai aktivasi pada saat-saat terakhir dan berharap akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Gunakan iklan dan inbound marketing untuk mendapatkan atensi.

Jika Anda tidak punya banyak waktu dan energy, maka Anda harus menghabiskan uang lebih banyak untuk beriklan. Anda tidak akan bisa mendapatkan ratusan visitor setiap hari saat baru saja melansir website baru. Pasalnya traffic tidak akan jatuh dari langit begitu saja. Anda harus mengerti bagaimana cara menjaring traffic yang akan dikonversi menjadi loyal subscriber. Anda juga wajib memilih kanal online marketing untuk bisnis Anda dan mengerjakan secara konstan dan rutin, setiap hari.

1 comments

  • logousaha September 24, 2012 at 23:10 pm | Reply

    artikel bermanfaat. terus berbagi


Leave a Comment

Back to top
default-poup