Our blog

4 Jenis Inovasi Konfigurasi yang Entrepreneur Harus Ketahui dan Terapkan


August 07, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Entrepreneurship selalu lekat dengan inovasi. Inovasi terbukti membuat sebuah perusahaan atau organisasi apapun terus bertahan dan menjadi yang terdepan di bidangnya. Kerap inovasi ini menyulitkan pada awalnya karena diperlukan banyak waktu, usaha, dana dan tenaga untuk merancangnya dan menerapkannya hingga sukses. Namun, inovasi pada jangka panjang akan menyelamatkan bisnis dari kehancuran.

Menurut praktisi bisnis Tanadi Santoso, ada 10 jenis inovasi yang bisa dipelajari untuk diterapkan entrepreneur dalam bisnis mereka. Mari kita simak apa saja inovasi-inovasi tersebut.

Model laba

Apakah sebuah perusahaan menghasilkan laba dengan cara yang berbeda dari kebanyakan perusahaan di bidangnya? Itulah yang dinamai inovasi dalam model laba. Apakah margin (terutama margin keuntungan kotor) secara signifikan lebih tinggi atau lebih rendah daripada margin yang dimiliki pesaing?
Temukanlah cara baru yang segar untuk mengkonversi penawaran dan sumber daya lainnya menjadi laba. Contoh inovasi jenis ini ialah pengembangapa yang dilakukan pengembang game Candy Crush Saga, produsen ponsel eksklusif Vertu.

Jejaring

Apakah perusahaan Anda bekerjasama dengan perusahaan lainnya atau rekan yang baru dalam mengembangkan produk baru yang mendorong bisnis untuk keluar dari zona nyaman? Apakah perusahaan Anda membentuk kemitraan yang baru, misalnya yang menggunakan metode yang belum dipakai sebelumnya, atau bahkan merangkul kompetitor? Anda bisa melihat jaringan penjual barang murah Target di AS, dan Toshiba serta UPS.

Struktur

Apakah perusahaan Anda memiliki sebuah struktur yang unik? Apakah perusahaan Anda menggunakan aset tak cair secara berbeda dari pesaing? Kita bisa melihat contohnya dalam Express Group, Whole Foods, Southwest Airlines, dan sebagainya. Bagaimana Anda mengatur dan menyerasikan pekerja dan aset-aset yang ada? Fokuslah pada pengaturan aset-aset perusahaan dengan cara yang belum pernah dilakukan.

Proses

Dalam jenis inovasi ini, Anda perlu menemukan kelebihan proses dalam perusahaan Anda dalam menghasilkan produk, layanan dan platform. Misalnya, apakah biaya variabel atau modal kerja perusahaan secara substansial lebih rendah daripada pesaing? Contoh mereka yang sukses berinovasi di proses ialah Zara dan Zipcar.

Leave a Comment

Back to top
default-poup