Our blog

4 Tipe Pelanggan yang Harus Anda Ketahui


October 10, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Sering dikatakan bahwa dalam setiap bisnis ada dua jenis pelanggan yang biasa ditemui yaitu pelanggan yang Anda harapkan untuk kembali lagi dan pelanggan yang Anda harapkan untuk tidak kembali lagi. Jika kita ingin dalami lebih jauh lagi, ada empat kelompok pelanggan di luar sana, yang dikategorikan sebagai kelompok A, B, C dan D. Penjelasannya adalah seperti ini, dikutip dari Detik Forum :

Awesome (Pelanggan Idaman)

Pelanggan dalam kelompok ini biasanya akan mengeluarkan uang lebih banyak dan tidak rewel. Mereka selalu mengorder ke kita walau tanpa kita tawarkan, mereka sudah menjadi pelanggan tetap dan selalu meminta kita menyediakan jasa/produk yang mereka inginkan. Dan jika kita tawarkan mereka selalu mau dan tanpa tawar – menawar. Kadang kala mereka malah membantu menawarkan produk/jasa kita ke orang lain, mereka menjadi viral marketing kita.

Basic (Pelanggan Biasa)

Pelanggan kelas B ini adalah pelanggan yang baik, mapan, dan biasanya menjadi tulang punggung untuk setiap bisnis. Mereka biasanya akan menerima apa pun yang kita tawarkan. Walau mereka biasanya menawar harga yang kita tawarkan, namun mereka tetap membeli dari kita. Kepada pelanggan Basic ini selalu kita memberikan informasi atas jasa/produk kita yang baru atau sedang kita pasarkan.

Can’t deal with (Pelanggan Menyusahkan)

Pelanggan kelas C selalu menuntut waktu Anda, menawar harga serendah – rendahnya, dan sulit untuk menentukan pilihan.Di grade ini kita harus menjaga effort team marketing kita agar tidak terjebak dan terkuras oleh customer tersebut.

Dead (Mimpi Buruk)

Pelanggan kelas D adalah mimpi buruk setiap pemilik bisnis. Mereka selalu telat membayar tagihan, terus-menerus kembali ke tempat Anda, dan gemar menghabiskan waktu Anda. Mereka juga sering membuat ulah ketika tidak mendapatkan yang mereka inginkan. Pelanggan seperti ini tidak layak untuk Anda miliki.

Penting buat kita membuat list customer berdasarkan grade-grade tersebut diatas. Sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka dan kinerja team marketing pun menjadi efektif dan efisien.

Leave a Comment

Back to top
default-poup