Our blog

5 Aplikasi Penting Untuk Facebook Fan Page Bisnis


September 26, 2012 7 comments Facebook Strategy

Jika Anda sudah mencari inspirasi untuk Fan Page dan telah melakukan beberapa cara untuk mempopulerkan halaman bisnis Anda di Facebook, mungkin kini mencari beberapa fitur untuk memancing Fans Anda. Fitur baik dalam social web modern adalah bersifat modular. Anda bisa mem-plug in dan memodifikasi software (yang dibuat oleh pengguna atau perusahaan lain) dan memadukannya plug in lain.

Banyak aplikasi Facebook yang dibuat untuk penggunaan yang bersifat tidak resmi, seperti social games dan kuis yang kerap Anda simak lewat news feed. Namun, Anda juga bisa mengadopsi beberapa aplikasi yang dibuat untuk kepentingan Fan Page bisnis Anda. Mereka sangat berguna untuk menambahkan beberapa detail, menampilkan konten dari situs sosial lain dan mendapatkan informasi dari pelanggan. Berikut beberapa di antaranya.

Static FBML

Beberapa situs sudah membahas tentang fungsi dan kegunaan dari aplikasi Static FBML. Plugin serba guna ini selain mampu menjadikan Fan Page Anda sebagai destinasi yang unik, juga dapat membuat halaman tersebut menjadi lebih interaktif yang tampil pada kolom sebelah kiri di halaman. Tampilan vertikal dan left-hand navigation merupakan dua hal yang sangat diharapkan oleh pengguna. Mereka akan merasa nyaman saat mencari link tambahan, promosi dan detail kontak. Memindahkan kotak Static FBML ke kolom sebelah kiri merupakan langkah yang efektif. Ini caranya.

Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, maka segera tambahkan ke Fan Page Anda dan pastikan berfungsi sebagai “Box” bukan “Tab”. Tambahkan konten ke box Anda dengan menggunakan HTML Standar. Di sini, grafik tidak bisa di unggah ke Facebook, jadi Anda harus memasukkannya via URL. Untuk sidebar, Anda bisa menambahkan tombol grafik yang clean atau icon yang menghubungkan antar destinasi yang menarik bagi user Anda. Seperti situs perusahaan, blog atau akun Twitter. Sidebar ini akan terlihat, jadi gunakan elemen grafis yang tepat dan sesuai dengan logo serta skema warna. Sekali konten dimasukkan dan disimpan, maka ia akan nampak sebagai box dalam tab “Boxes”. Masuk kesana untuk memastikan HTML berfungsi. Jika iya, klik Pencil di pojok kanan atas box dan pilih “Move to Wall Tab”. Langkah ini akan menampilkan konten Anda di kolom navigasi sebelah kiri.

Promotions

Kontes dan hadiah adalah cara terbaik untuk meng-engage orang dengan brand Anda, khususnya di social web. Peluang untuk mendapatkan barang dengan gratis adalah alasan utama orang menjadi fans sebuah brand. Aplikasi Promotions ini akan mempermudah pembuatan dan publikasi sebuah kontes di facebook. Promotions sangat berbeda dibanding aplikasi lainnya. Karena, konten yang Anda buat juga hadir di situs milik pengembangnya. Namun sebelumnya Anda harus mendaftar terlebih dahulu di akun gratis milik wildfireapp.com.

Sekali Anda membuat akun dan mengkoneksikan aplikasi ini ke Facebook, promosi yang Anda buat di wildfire akan hadir dalam tab di Fan Page Anda yang dikembangkan dalam proses step-by-step yang mudah. Sediakan tanggal kontes, tipe hadiah, formulir pendaftaran, parameter yang spesifik mengatur tentang regulasi dan unggah berbagai desain pendukung yang Anda inginkan. Setiap perubahan atau tambahan yang Anda lakukan pada promosi akan update secara dinamis di seluruh lokasi yan digunakan oleh fans atau teman Anda.

Social RSS

Jika Anda sudah memiliki konten yang bagus dari situs atau blog perusahaan atau jejaring sosial lain yang ingin Anda hadirkan di Facebook Fan Page, maka Social RSS adalah pilihannya. Anda bisa mengkonfigurasi update aplikasi ini dari semua RSS atau ATOM feeddan menampilaknnya sebagai postingan dalam fan page Anda baik lewat dedicated tab, wall tab atau bagian dalam news feed. Fans di jejaring sosial lebih reponsif untuk konten-konten segar. Khususnya di Facebook, di mana orang berhubungan dengan komunitas yang kecil seperti teman dan keluarga.

Poll

Social engagement bertujuan untuk memberikan feedback yang berguna untuk mengembangkan Fan Page perusahaan. Nah, aplikasi ini sangat simpel, karena tidak harus mendaftar untuk bisa menggunakannya. Sekali Anda menghubungkannya dengan Page Anda, maka semua settingan dan data akan hadir pada panel setting Anda. Poll bisa menjadi cara paling mudah untuk mendapatkan pandangan dari fans terhadap sebuah produk, desain halaman baru atau bisnis Anda secara general. Pada poll setting, coba beri tajuk yang simple namun menarik seperti Apa pendapat Anda tentang rasa baru dari pizza kami? Lalu buat pilihan jawabannya (enak, sangat gurih, butuh pengembangan atau biasa saja) dan kemudian pilih opsi publishing.

Polls bisa dipublikasi ke wall atau feed di halaman Anda atau tampil pada custom tab di navigasi sebelah kiri yang bisa diklik oleh visitor kapan saja. Anda juga bisa mengundang teman untuk mengikuti poll dan mereka bisa langsung men-sharingnya. Baik Anda maupun teman Anda bisa langsung melihat hasil polling tanpa meninggalkan halaman Facebook.

YouTube For Pages

Jika membuat konten video adalah bagian dari strategi sosial perusahaan Anda, maka Anda bisa memamerkan hasil karya Anda dengan mendedikasikan Fan Page tab ke kanal YouTube. Ya, itulah yang akan dilakukan oleh aplikasi YouTube For Pages ini. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup men-set up akun gratis di situs developer, involver. Saat sudah terkoneksi dengan Fan Page Anda maka Anda dapat memasukkan video ke YouTube. Aplikasi ini juga akan menampilkan video unggahan terbaru atau terfavorit dan ditampilkan sebagai thumbnail untuk video sebelumnya. Video tersebut bisa langsung diputar di Facebook, jadi fans bisa menikmatinya tanpa harus meninggalkan Fan Page Anda. Namun pastikan untuk menambahkan aplikasi di atas pada “Application Setting.”

7 comments

  • Info Bisnis Waralaba October 14, 2012 at 18:09 pm | Reply

    Memang di saat telah menggunakan Fan Page ini kunjungan salah satu blog saya meningkat.


  • Qeti November 15, 2012 at 21:59 pm | Reply

    entry ni mmg sy sgt setuju pucuk pakgnalnya ialah teruskan menulis entry tak kira apa skalipun utk achieve target. but kenalah jaga dan kawal masa yer. Idea tuh akan dtg juga mcm mana pun hasil drpd pengalaman dan jugak pembacaan. Sy minat mencari dan membaca.budakkecik recently posted..


  • Halim January 24, 2013 at 11:14 am | Reply

    Bermanfaat banget infonya gan,, ak baru buat fan page tapi yang like masih sedikit -_-


  • Kaos Remaja August 19, 2013 at 00:08 am | Reply

    Wahh bagus banget ni infonya,,, kbtlan sy sekarang sedang menggarap Fan Page, krn sgt membantu promosi bisnis. Thanks


  • Dominick January 06, 2014 at 12:06 pm | Reply

    Wonderful web-site yοu have going here.


  • Dodi Nofria February 19, 2014 at 17:13 pm | Reply

    Makasi gan, lumayan ane lagi nyoba bikin fanspage.
    info yang bermanfaat


  • amanda April 09, 2014 at 08:59 am | Reply

    Thx u .. bantu banget.. lagi wara wiri mencari “BAGAIMANA” akhirnya menemukan juga ;)


Leave a Comment

Back to top
default-poup