Our blog

5 Hal Pahit yang Harus Dihadapi Saat Kita Memutuskan Jadi Entrepreneur


February 25, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Faktanya, saat Anda memutuskan menjadi entrepreneur atau berwirausaha, akan banyak kesulitan yang mungkin Anda alami. Anda mungkin sudah sering mendengar kisah sukses para pengusaha. Padahal di balik itu semua, mereka sudah pernah mengalami beberapa hal yang mungkin tak semuanya berjalan mulus.

Supaya Anda tidak terkejut saat terjun ke bidang wirausaha, kenali beberapa kenyataan pahit berikut ini dan ubahlah kesulitan menjadi kesuksesan Anda.

1. Anda adalah ‘penyorak’ bagi diri Anda sendiri

Tak peduli berapa banyak orang yang mengatakan bahwa mereka mendukung Anda dan ada di belakang Anda, hanya sedikit dari mereka yang benar-benar ada untuk Anda ketika sesuatu yang buruk terjadi.

Sebagai pengusaha, Anda harus menjadi sistem pendukung bagi diri Anda sendiri. Anda akan menghabiskan banyak waktu menangani stres dan rintangan, tapi Anda harus mendorong diri Anda sendiri untuk maju terus.

2.  Kehidupan sosial Anda tak eksis lagi

Kewirausahaan itu lebih dari sekadar karir, karena itu akan menjadi gaya hidup Anda. Jika Anda ingin usaha Anda sukses, Anda harus maksimal. Jika berpesta setiap Jumat malam masih lebih penting daripada mempertimbangkan segala urusan bisnis Anda, Anda akan berada dalam masalah. Intinya, Anda harus berkomitmen dengan bisnis Anda dan punya kemampuan untuk berkata “tidak”.

3. Anda akan gagal

Penting untuk dipahami bahwa sedikit orang langsung berhasil pada usaha pertama mereka. Kita sering mendengar tentang kesuksesan para pengusaha, tapi kita jarang mendengar tentang kegagalan mereka dan ketika mereka berada pada titik terendahnya.

Anda harus gigih dan terus mengejar impian, meskipun banyak kegagalan yang akan Anda temui sebelum mencapai. Jangan pernah kehilangan antuasisme dan semangat

4. Anda harus menjadi realistis

Menjadi seorang pengusaha itu sulit, Anda pun harus realistis dengan situasi Anda tapi juga harus berpikiran luas. Anda harus menetapkan tujuan besar untuk diri sendiri sambil mencari tahu bagaimana mengendalikannya melalui situasi sekarang. Ini bukan keseimbangan yang mudah ditemukan, tapi pengusaha harus mencari jalannya.

5. Tak ada yang adil

Kewirausahaan memang tak adil. Anda bisa menghabiskan waktu 100 jam seminggu untuk bekerja sia-sia sementara pendiri lainnya dapat menghabiskan hanya 20 jam seminggu dan meningkatkan pemasukan puluhan juta rupiah.  Anda harus memahami bahwa tak ada jaminan sukses kecualiAnda bekerja keras.

Ini adalah kenyataan pahit mengenai kewirausahaan yang sering diabaikan.Gaya hidup glamor, mobil mewah, dan akuisisi besar-besaran bisa saja terjadi, tapi pastikan Anda paham bagaimana caranya untuk sampai ke sana.

Leave a Comment

Back to top
default-poup