Our blog

5 Langkah Mudah Memancing Orang di Fan Page


October 08, 2012 6 comments Facebook Strategy

Saat lebih dari tiga juta bisnis, brand dan seleb telah membuat Facebook pages, banyak diantara mereka yang masih berjuang dan mencari cara bagaimana penggunaan pages tersebut. Bahkan beberapa perusahaan telah menemukan, meskipun mereka sudah mengupdate page nya dengan konten yang segar, namun mereka masih belum bisa menemukan peningkatan jumlah fans yang signifikan. Tapi, banyak juga perusahaan yang telah memiliki ribuan atau bahkan jutaan fans dalam page mereka. Apa rahasianya?

Perusahaan-perusahaan tersebut telah menemukan cara bagaimana beralih dari “broadcast” mode menjadi engagement. Mereka telah berhasil memancing orang atau fansnya. Berikut beberapa cara yang kerap dilakukan oleh Facebook marketer untuk berinteraksi dengan fansnya.

Ask Their Opinion

Jika Anda memposting sesuatu di Facebook Page, mungkin akan menghasilkan beberapa komentar. Namun jika Anda memposting konten dalam konteks pertanyaan, berarti Anda telah meminta sebuah aksi dari mereka. Dengan pertanyaan, Anda bisa memancing ego orang dan memprovokasi sebuah distribusi viral dari konten tersebut. Semua orang suka berbagi opini. Pada konperensi DigiDay: Social, pengembang aplikasi social media marketing, Fan Appz, telah menerangkan beberapa contoh betapa sebuah pertanyaan yang simple bisa meningkatkan engagement orang. Salah satu klien mereka-sebuah provider konten video dengan lebih dari 300.000 Fans di Facebook – secara rutin memposting video di Facebook Page nya.Perusahaan tersebut menemukan fakta bahwa video yang mereka kombinasikan dengan pertanyaan mampu meningkatkan impresi dari skala 7 menjadi 10. NBA juga menadopsi pendekatan yang sama. Mereka sering melakukan polling untuk menentukan 5 terbaik di situs jejaring sosial miliknya. Mulai dari Top 5 Shooter, Point Guard dan yang lainnya.

Test Their Knowledge

Pertimbangkan untuk mengetes pengetahuan orang dengan cara yang menyenangkan lewat kuis. Kuis yang pintar tidak hanya menghibur, namun juga memperpanjang waktu yang dihabiskan oleh pengguna di page brand Anda. Salah satu perusahaan yang melakukan cara ini adalah Molotov, sebuah digital marketing agency yang memiliki beberapa klien comedian seperti George Lopez, David Spade dan James Kennedy. Molotov bekerja sama dengan George Lopez untuk menggelar kuis bertajuk How Well Do You Know George Lopez? untuk meningkatkan jumlah fans hingga satu juta sekaligus mendongkrak jumlah penonton di TV shownya. Memberi peluang kepada orang lain untuk mengetes pengetahuannya akan mengarahkan mereka menjadi lebih kompetitif dan bisa menjadi sesuatu yang membangakan untuk dipamerkan ke teman-temannya.

Pair Promotion with Content

Saat kontes atau kuis berhadiah akan mendatangkan hasil berupa alamat email, memposting langkah ini di halaman Anda akan mengencourage orang untuk berpartisipasi. Nah, cara untuk meningkatkan jumlah orang yang akan berpartisipasi adalah dengan mengikat apa yang ingin Anda tawarkan ke dalam konten. Orang yang ikut dalam kuis (yang berkaitan dengan brand) adalah target yang tepat untuk pesan Anda. Mereka mungkin sudah mulai tertarik dengan sebuah brand, dan ini adalah saat yang tepat untuk memberikan mereka penawaran. Pada contoh yan kami sebutkan di atas, Molotov memberikan peluang kepada fansnya untuk memenangkan signed merchandise yang ditawarkan pada kuis. Strategi ini berhasil meraih 50% conversion rate. Untuk sepuluh fans yang menguji pengetahuannya, lima orang mendaftar untuk berpartisipasi dengan promosi.

Thank Your Fans

Berikan fans Anda sesuatu yang bernilai-meskipun sekecil kupon diskon atau tiket gratis untuk menonton film di bioskop di kota Anda. Ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda mengapresiasi support yang telah mereka tunjukkan. Atau pilih mereka secara acak dan tampilkan nama dan identitas mereka pada fan page Anda.

Put These Ideas Into Action

Anda tidak harus menjadi brand besar seperti NBA untuk merubah Facebook Fans Page Anda menjadi lebih menarik. Setiap jenis usaha bisa melakukan cara ini dan harus lebih kreatif. Sebuah restoran bisa menggelar kuis tentang restoran terkenal yang ada dalam film dengan hadiah voucher senilai $100 atau sebuah diler Ford dapat membuat kuis yang menanyakan pendapat fans tentang recall Toyota. Yang penting triknya adalah cari tahu apa yang menarik bagi user, apa yang trendy atau menyenangkan untuk mereka dan kemudia coba langkah-langkah di atas. Anda punya cara lain untuk memancing minat fans di Facebook Fan Pages Anda?

6 comments

  • fiska October 14, 2012 at 22:09 pm | Reply

    thanks om buat informasinya, saya coba buat praktekin ah..
    sapa tau fanpageny jd nambah drastis… ^^


  • Rustama November 10, 2012 at 03:30 am | Reply

    thanks gan ilmunya, sy coba akan praktekan.


  • Rosni November 15, 2012 at 16:07 pm | Reply

    Terima kasih buat semua yang sudah datang. Sa juga awaylna agak kecewa, sampe jam 7 malam yg datang cuman 2 orang hehhehe pas selesai liat daftar absen, wah 22 orang. 22 orang yang nekat menembus hujan badai demi mendapatkan ilmu dan saling berbagi. You rock guys :)


  • Seo Blog Online November 20, 2012 at 12:06 pm | Reply

    Terimakasih atas tips menarik sekali, mungkin dengan tips di atas bisa fans bisa bertambah,, . memang saya sendiri juga membutuhkan facebook likers,, tapi bagaimana meninkatkan fans yang natural,, ? terimakasih..


  • Jersey Bola Manchester United November 30, 2012 at 16:38 pm | Reply

    Info yang sangat berguna buat mengembangkan fanpage. cara membuat toko online di fanpage ada gak?


  • Tasya Slemp March 03, 2014 at 00:43 am | Reply

    Sudah begitu, ngiklan dengan post page engagement.. Tokcer dah.. :D


Leave a Comment

Back to top
default-poup