Our blog

6 Tempat Yang Bisa Memberikan Inspirasi Bisnis Bagi Pengusaha


May 23, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Mungkin anda salah satu dari sekian banyak orang yang sedang berusaha menemukan bisnis yang cocok untuk dijalankan, duduk di meja kerja ditemani kopi sambil mencoret-coret lembaran kertas dan menuliskan ide-ide yang terlintas di pikiran. Walt Disney mendapatkan inspirasi membangun Disneyland yang megah dari acara tamasya keluarga. Johnny Andrean pendiri J.Co, mendapatkan ide-ide kreatifnya lewat hobinya yaitu travelling.

Berikut adalah tempat yang ideal untuk mendapatkan inspirasi dan ide kreatif berwirausaha, dikutip dari situs wartawirausaha :

Di rumah
Amati sekeliling dalam rumah dan sekitarnya, apa yang anda rasa kurang baik, dapat menjadi lebih baik lagi atau yang sering menimbulkan masalah namun jarang dicermati. Misalnya ventilasi udara yang cepat kotor, perabot kamar mandi yang tidak tertata dan kurang enak dilihat, tata letak perabot dapur dll. Bila anda perhatikan hal tersebut di rumah anda, kemungkinan juga pemilik rumah yang lain juga mengalami masalah-masalah yang sama. Dari lingkungan dalam rumah saja sudah banyak hal yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat jasa perbaikan atau service. Belum lagi sekitar pekarangan, misalnya jasa menata kebun, dekorasi taman atau penyedia bibit dan bunga taman.

Di Lingkungan tempat tinggal
Tetangga sekitar anda juga dapat menjadi sumber inspirasi bisnis. Sebagai orang yang tinggal dalam satu lingkungan, tentu anda paham dengan demografi komunitas anda. Misalnya kebanyakan tetangga anda adalah keluarga muda yang sibuk bekerja. Anda bisa mencoba membuka jasa laundry kiloan, jasa renovasi rumah dan instalasi listrik, perbaikan alat rumah tangga dan perangkat elektronik. Atau bila punya keahlian niaga, misalnya membuka toko barang kebutuhan sehari-hari.

Di Tempat Kerja
Bila posisi anda adalah karyawan pada satu perusahaan dan bermaksud mencari bisnis sampingan, anda bisa mencari inspirasi dengan mengamati apa yang rekan-rekan anda butuhkan, dapat juga langsung bertanya kepada teman-teman kantor. Yang telah banyak dilakukan oleh pelaku side-job diantaranya; bisnis-bisnis kecil dari jual pulsa, jual makanan ringan, memiliki online shop tapi sebagian juga ditawarkan kepada rekan kantor, mengajar les anak teman kantor, servis komputer dan perangkat elektronik, hingga berkolaborasi membentuk usaha diluaran dengan modal bersama.

Di Tempat perbelanjaan
Apa inspirasi yang bisa didapat dari supermarket? Bila anda pecinta kuliner atau hobi memasak, dengan melihat bahan-bahan baku yang tersaji disana anda mungkin terpikirkan untuk membuat resep atau meracik makanan yang bisa dijual. Bila memiliki minat dan menjadi pengamat dalam bidang agrobisnis, anda melihat komoditi tertentu yang belum ada di supermarket tersebut dan punya data petani yang memiliki ketersediaan komoditinya, anda mungkin terinspirasi untuk memposisikan diri menjadi penghubung dan penyalur komoditas tertentu ke supermarket tersebut.

Di Sekolah
Bila anda adalah orang tua yang bertugas untuk mengantar anak sekolah, inspirasi bisa muncul saat anda sedang berada di sekolah. Terutama bila anda telah mengenal baik sesama orang tua murid dan guru. Pengadaan alat tulis, kertas, mesin fotokopi, seragam olahraga, seragam guru, kantin, penawaran les privat adalah beberapa petunjuk yang dapat dikembangkan menjadi sebuah peluang.

Saat Berlibur
Waktu liburan adalah waktu untuk bersenang-senang, namun ada baiknya juga untuk tetap membuka mata terhadap adanya kemungkinan peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis. Inspirasi bisnis bisa muncul misalnya saat anda berlibur kesuatu tempat dan menemukan souvenir-souvenir kreasi baru yang bernilai tinggi namun belum terekspos secara luas dan pengrajin memang terkendala karena tidak tahu bagaimana pemasaran. Saat itu anda harus memikirkan untuk mengambil peluang tersebut dan memposisikan diri untuk bekerja sama dalam hal pemasaran.

Leave a Comment

Back to top
default-poup