Our blog

6 Tips Agar Bisnis Anda Diliput Oleh Media


December 18, 2013 0 comments Facebook Tips

Kita semua tahu, salah satu cara mempromosikan bisnis adalah dengan tampil di media besar, baik itu media elektronik, cetak, bahkan online. Tapi tentu saja, tidak mudah untuk bisa tampil di media, apalagi untuk bisnis yang baru merintis.

Kesulitannya adalah, Anda tidak mungkin memasang iklan yang tarifnya cukup mahal. Begitu juga dengan niatan untuk membuat wartawan memberitakan bisnis Anda, karena mungkin mereka tidak kenal bisnis Anda.

Jadi apa yang harus dilakukan? Apakah melacaknya di LinkedIn, kirim email, kemudian menelponnya?

1. Cari tahu keinginan wartawan

Anda bisa mengamati pergerakan mereka dari Twitternya. Beberapa wartawan kerap melemparkan pertanyaan kepada followers. Ini adalah trik untuk mencari minat khalayak dan inovasi menarik seputar bahan tulisan.

2. Memiliki cerita

Ada banyak bisnis yang menarik, baik dari segi kuliner, wisata, atau lain sebagainya. Tentu saja persaingan akan sangat ketat. Tapi bila Anda memiliki cerita, misalkan kue apem buatan Anda pernah dimakan oleh Obama kecil (dulu) saat lapar, atau menjadi makanan kesukaan John Lennon, maka ini akan menarik untuk ditulis.

3. Buat media sosial yang menarik

Media sosial merupakan perpanjangan merek Anda untuk menyebarkan informasi, jadi berikan informasi semenarik mungkin. Banyak wartawan yang mengambil informasi dari media sosial. Jadi, penting untuk melemparkan berbagai hal yang membuat wartawan tertarik.

4. Mention mereka

Cara yang paling dapat diandalkan untuk menggapai media adalah dengan me-mention-nya di Twitter. Anda mungkin tidak akan mendapat jawaban, tapi setidaknya merek Anda sudah terlihat, ucap Zach Seward, editor senior dari Quartz.

5. Ikuti perkembangan berita

Sebagai pebisnis, Anda juga dirasa perlu untuk mengetahui perkembangan berita yang sedang ramai diperbincangkan. Setelah itu, hadirlah di sana dengan cara apa pun. Menurut Anda, kenapa banyak produk yang hadir untuk memberi bantuan kepada korban bencana? Bukan hanya untuk niat sosial, tapi agar mereknya kelihatan.

6. Menggunakan website

Website akan membantu wartawan mengetahui secara lebih dalam bidang bisnis Anda. Tidak hanya itu, konten yang terdapat pada website juga memudahkan wartawan untuk mendapatkan sumber pendukung. Misalnya seperti gambar, video, atau teks.

Anda tidak perlu meragukan efektifitas keenam cara di atas. Karena semuanya disampaikan oleh mereka yang sudah menjadi senior di media ternama. Seperti Anthony De Rosa (editor in chief di Circa dan mantan editor media sosial di Reuters), Beth J. Harpaz (editor wisata untuk The Associated Press), Drake Martinet, redaktur sosial untuk jaringan video berita Now This News, dan Mark Ragan.

Leave a Comment

Back to top
default-poup