Our blog

7 Kesalahan Mengejar Passion Berbisnis


January 06, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Banyak orang berbicara tentang semangat dalam berwirausaha dalam bidang yang mereka sukai dan semacamnya. Dan makin banyak orang menyadari bahwa mereka tidak ingin menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan hal-hal yang mereka benci.

Namun, kita bisa temukan berbagai macam kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan saat orang benar-benar ingin meraih gairah atau passion mereka dalam kehidupan termasuk dalam membangun bisnis.

Berikut ialah sejumlah kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat mengejar passion mereka dalam bisnis. Silakan menyimak dan jika mungkin Anda mengalaminya, Anda bisa perbaiki dari sekarang.

Kesempurnaan
Hal paling utama yang biasa kita pikirkan ialah kesempurnaan. Sadarilah bahwa hampir tidak pernah ada momen yang 100% sempurna. Menunggu hingga semua hal benar-benar sesuai harapan Anda agar Anda bisa memulai mengejar impian ialah penyia-nyiaan waktu yang tragis.

Seperti halnya dalam berwirausaha, Anda tidak perlu harus berhenti total dari pekerjaan sekarang dan langsung terjun ke bidang yang Anda sukai. Anda bisa melakukan langkah untuk berpindah ke wirausaha secara bertahap dan amati bagaimana setiap perkembangannya. Fokuslah membangun usaha sendiri di waktu-waktu senggang seperti malam hari atau akhir minggu jika Anda masih bekerja untuk orang lain. Ingatlah bahwa menunggu keadaan agar benar-benar sempurna seperti kehendak kita adalah alasan lainnya untuk menunda terwujudnya impian.

Khawatir kewalahan
Merasa kurang mampu atau kurang bisa bukan hal yang aneh lagi saat kita mulai mengikuti panggilan hati untuk menekuni sesuatu. Bahkan kenyataannya jika kita belum merasa kewalahan, artinya kita belum mendorong keluar semua potensi dalam diri kita. Jadi saat kita merasa kewalahan, sadarilah itu adalah tanda bahwa kita sudah berada di jalan yang benar.

Saat mempelajari sesuatu yang baru, akan ada saat kita merasa semuanya tidak bisa dipahami. Semua harapan rasanya musnah. Setelah beberapa saat, informasi akan diambil alih oleh otak kita dan keruwetan akan mulai terurai dengan sendirinya.

Tidak percaya
Perasaan kita mengetahui apa yang menjadi passion kita dan langkah apa yang harus ditempuh selanjutnya. Saat kita mendengarkan kata hati kita, keadaan akan berubah membaik saat kita menemukan jalur yang tepat, yang seakan dibangun khusus untuk kita.

Sebagian besar orang telah lupa bagaimana mendengarkan kata hati mereka karena mereka diajarkan untuk selalu menggunakan logika saat sekolah dan kuliah serta menyingkirkan segala dugaan atau hal berbau intuisi. Ini bukan berarti Anda harus menjadi seorang cenayang tetapi Anda hanya harus kembali berpaling pada nurani.

Terlalu masuk akal
Salah satu tantangan terbesar dalam memberikan kepercayaan perasaan kita ialah pikiran. Pikiran kita selalu haus dengan logika. Ia selalu menginginkan bukti nyata dan menjanjikan semuanya akan berjalan sesuai akal sehat. Namun pada kenyataannya tidka akan pernah ada jaminan. Cara satu-satunya untuk kita bisa sukses ialah memiliki tekad bulat dan mengetahui bahwa kita akan mencapainya suatu saat jika tidak pernah menyerah.

Ini tidak berarti kita harus menyingkirkan logika dari pikiran kita karena kehadirannya juga diperlukan di saat-saat yang tepat.

Nikmati
Ingatlah untuk selalu menikmati proses yang berjalan. Saat kita mulai melakukan sesuatu yang baru, ketakutan selalu menyelimuti dan perasaan tidak percaya diri datang. Namun, kita lupa bahwa kita di sana untuk mendapatkan pengalaman baru dan mengeksplorasi peluang-peluang yang ada. Kesulitan yang dihadapi justru akan membuat kita tumbuh lebih cepat dan besar.

Melakukan sendirian
Temukan orang lain yang memiliki ambisi atau gairah yang sama. Akan lebih baik jika orang tersebut memiliki tingkat pengetahuan atau ketrampilan yang jauh lebih baik dari Anda sehingga ia bisa menjadi mentor atau pelatih. Dengan begitu, Anda bisa belajar lebih baik dan menghindari kesalahan yang akan membuat proses belajar Anda lebih singkat dan menyenangkan.

Menempuh sebuah perjalanan sendirian memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena kita akan temui lebih banyak tantangan di sepanjang jalan. Dengan adanya teman, rekan, atau mentor, peluang untuk sukses akan lebih tinggi.

Keteguhan tekad
Tekad yang kuat akan membimbing Anda untuk tetap terus berjalan di saat-saat sulit. Dan itulah yang penting dalam menemukan bidang yang kita sukai. Temukan sesuatu yang kita lakukan dengan sukaria dan sukarela.Saat melakukan ini, kita akan tetap teguh menjalani bidang tersebut meskipun keadaan memburuk. Kita juga perlu ingat saat kita menuju tujuan, kita mungkin akan merasa keluar dari jalur yang seharusnya. Namun, seperti pesawat terbang, kita perlu sesekali mengubah jalur penerbangan kita dan kita akan mencapai tujuan yang benar selama kita bergerak maju.

Leave a Comment

Back to top
default-poup