Our blog

7 Langkah Mudah untuk Meningkatkan Edgerank


December 26, 2012 1 comments Facebook Strategy

Pernahkan anda membayangkan mengapa postingan status page anda hanya dibaca oleh sebagian kecil fans saja? Jawabannya adalah karena Edgerank. Facebook menyeleksi status mana saja yang penting dan relevan untuk ditampilkan bagi tiap-tiap user di halaman newsfeednya. Tidak begitu saja menampilkan recent status tiap fan page kepada user. Bagi para Facebook marketer, tidak cukup sekedar mengerti Edgerank, tapi juga harus terlibat langsung untuk meningkatkan Edgerank page. Banyaknya jumlah fans memang penting, tapi tetap yang paling berpengaruh terhadap Edgerank adalah engagement dan interaksi. Berikut ini ada 7 tips untuk meningkatkan Edgerank dan engagement page anda:

1) Posting dengan konsisten – tapi jangan terlalu sering
Sederhana dan jelas, tapi sebenarnya banyak pemilik fan page gagal dalam hal ini. Postingan yang terlalu sering justru bisa mengurangi reach fan page terhadap fans di newsfeednya. Posting terlalu sering berisiko membuat risih fans anda di newsfeed mereka, atau bisa jadi status anda yang baru akan mengkanibalisasi status sebelumnya yang sebenarnya lebih bagus. Disarankan posting 2-3 (bisa juga hingga 5) kali sehari dengan jarak tiap posting minimal 2-4 jam dengan waktu postingan yang konsisten.

2) Posting konten yang menarik, bermanfaat, actual, provokatif tapi tetap relevan – bukan melulu pesan penjualan langsung
Tidak cukup sekedar postingan yang konsisten, akan tetapi postingan juga harus high quality. Sebelum mengupdate status, coba renungkan terlebih dahulu sambil bertanya kepada fans di dalam hati “siapa yang akan care dengan status ini ya? Sudikah anda men-sharenya kepada teman anda?”

Sejatinya, para user tidak begitu suka jika newsfeednya dipenuhi dengan berbagai macam iklan, penawaran, jualan produk, dan hal-hal serupa; walaupun pada kenyataannya seperti itulah kebanyakan postingan facebook marketer. Hal ini karena user atau fans login bukan ke amazon atau ebay, tapi mereka login k facebook to feel social experience, not to feel buying experience.

Quality is first, selling is next. Oleh karena itu bangunlah ikatan emosional terlebih dahulu, tingkatkan kualitas hubungan di dalam komunitas fans anda, hidupkan engagement, and provide high value; sehingga dengan begitu kelak penjualan yang terjadi fans membeli karena melihat siapa anda yang membawa barang, bukan barang apa yang dibawa oleh anda. Jika ini sudah terbangun, maka sebenarnya apapun yang anda tawarkan tidak akan pernah ditolak oleh fans, dan tidak akan dibandingkan dengan barang kompetitor walaupun kompetitor menawarkan di bawah harga.

3) Usahakan selalu simple dan cantik
Fans kita rata-rata tidak mau membaca essay di newsfeed. Hasil riset, baik dari Vitrue.com maupun data resmi dari Facebook, ditemukan bahwa status yg baik itu terdiri dari 90 karakter (huruf & spasi), dan kurang dari 90 karakter lebih baik lagi, bahkan bisa meraih engagement sekitar 80% dibanding status yang lebih panjang.

4) Posting foto dan video
Orang2 yang tahu persis FB marketing sangat sangat merekomendasikan 2 hal ini dibanding hanya sekedar update status biasa tanpa gambar atau video. Hasil penelitian mengenai perbandingan ini sangat banyak ditemukan di internet. Dan lagi, hal ini sejalan dengan perombakan tampilan gambar pada wall yang dilakukan pihak FB beberapa waktu lalu. Sehingga postingan status plus photo akan bernilai lebih

5) Call to action
Boleh dikata ini cukup mempesona, dan terbukti call to action way bekerja dengan sangat baik u/ meningkatkan edgerank. Seperti meminta mereka u/ klik “Like” jika anda pilih A dan klik Share jika anda pilih B atau isi komen jika punya alasan tidak memilih keduanya, mengisi titik-titik atau baris yang kosong seperti “_____ merek laptop favorit saya, bukan yang lain”, memberikan caption sebuah foto, meminta pendapat dan ide mereka mengenai produk, pengalaman, dll.

6) Berikan hal2 yang sifatnya eksklusif seperti konten eksklusif, diskon, penawaran special. Suka atau tidak suka, mayoritas user menjadi fans alasannya karna ingin memperoleh hadiah, benefit, dan diskon. Berikut data yang disajikan oleh www.emarketer.com:
Alasan FB User Menjadi Fans Sebuah Brand di FB:
- Mendapatkan penawaran dan deal eksklusif
- Ikut serta dalam undian (sweepstake)
- Mendapatkan konten eksklusif yang bermanfaat
- Menikmati konten yang menarik dan menghibur
- Pengaruh teman yang menjadi fans
- Rekomendasi langsung teman
- Dll

7) Temukan waktu yang tepat untuk memposting status tersebut
Mungkin ini agak berat dilakukan karna melibatkan waktu dan testing yang cukup banyak, disamping mengkaji data-data dari FB Insight. Langkah pertama untuk melakukan hal ini adalah memahami audiens dengan mendalam seperti dimana mereka tinggal, rata-rata usianya berapa, pada hari apa mereka menghabiskan waktu lebih banyak di Fb, dan lain-lain. Dengan memahami kompleksitas ini, kita akan mengetahui pada waktu apa kita lebih mengoptimalkan postingan kita

1 comments

  • TONGKONANKU January 28, 2013 at 08:51 am | Reply

    Pantes aja status2 di fans page blog saya kurang mendapat tanggapan, ternyata banyak langkah2 di atas yg saya langgar.


Leave a Comment

Back to top
default-poup