Our blog

7 Langkah Promosikan Bisnis secara Gratis


September 15, 2013 0 comments Facebook Strategy

Sebagai entrepreneur baru atau pemilik usaha rintisan di bidang online, pernahkah Anda merasa putus asa dengan situs bisnis Anda yang tetap kurang dikenal? Anda merasa sudah mengeluarkan banyak uang untuk anggaran pemasaran dan periklanan tetapi toh tidak secara signifikan menggenjot popularitas situs Anda.

Untungnya ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh para pemasar (marketer) dan pemilik bisnis untuk memecahkan masalah ini tanpa harus tercekik dengan pengeluaran yang melambung. Berikut kami paparkan hal-hal yang dapat Anda gunakan untuk mendongkrak popularitas situs Anda dengan gratis :

Jejaring sosial
Dengan menggunakan jejaring sosial, Anda bisa terlibat dalam berbagai percakapan orang-orang yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama atau bahkan berlainan tetapi masih relevan.

Video
Apakah Anda mempromosikan produk atau jasa, membuat video ialah cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Di samping itu, video cenderung lebih bisa disebarluaskan dan meraih banyak penonton.

Blog dan forum
Serupa dengan jejaring sosial, blog dan forum ialah tempat terbaik untuk memulai menciptakan sebuah dialog. Salah satu cara yang murah dan bermanfaat dalam mempromosikan situs secara online ialah dengan menciptakan sebuah blog yang menyajikan tentang produk dan jasa dari perusahaan Anda. Tidak hanya itu akan memberikan peluang bagi Anda untuk berbicara tentang peristiwa-peristiwa baru di bidang industri Anda tetapi juga mulai berinteraksi dengan para pengunjung di situs Anda, di mana Anda bisa berpromosi tentang usaha online sebanyak yang Anda mau. Anda ingin berguna, membantu orang lain dan memberikan informasi berharga untuk mendapatkan manfaat maksimum dari media ini.

Press release
Satu cara mendapatkan pelanggan baru ialah dengan menyusun press release tentang jasa, produk atau bisnis Anda. Cobalah meninggalkan press release yang sangat komersil yang hanya menunjukkan perusahaan Anda dalam perspektif positif. Fokuslah pada sudut pandang unik yang akan menarik perhatian pengunjung terhadap sesuatu yang Anda lakukan atau suatu aspek menarik dalam usaha Anda.

Situs sumber lokal dan iklan terklasifikasi
Jika Anda adalah pemilik usaha offline yang sedang mencari metode promosi untuk usaha Anda, pastikan Anda terdaftar dalam semua situs yang berhubungan dengan daerah sekitar Anda. Ini meliputi situs surat kabar lokal, portal lokal, situs nasional atau lokal yang berfokus pada usaha-usaha seperti Yelp, CitySearch, Koprol, Urbanesia, dan sebagainya.

Newsletter surel
Tak hanya akan menyusun sebuah daftar surel yang bisa membantu Anda berinteraksi lebih sering dengan pelanggan, ini juga cara yang baik untuk mempromosikan orang-orang yang sangat tertarik pada produk atau jasa Anda. Newsletter bisa menjadi salah satu alat pemasaran online yang paling kuat karena Anda menjadi lebih sedikit mengandalkan mesin pencari dan cara-cara lain untuk menghasilkan traffic ke situs Anda.

Kontes dan hadiah
Untuk bisa berhasil dalam mengadakan kontes dan pemberian hadiah, Anda harus memberikan kepada orang hal-hal yang berguna, bernilai dan berhubungan dengan bidang industri Anda. Hal terbaik tentang kontes/ lomba ialah Anda bisa memberikan produk secara cuma-cuma dan pengeluaran Anda hanyalah biaya produk. Promosikan kontes dan pemberian hadiah di blog, forum, press release, video dan newsletter.

Leave a Comment

Back to top
default-poup