Our blog

Abaikan Empat Kritik Ini Saat Memulai Bisnis


January 16, 2014 0 comments Facebook Tips

Saat Anda memulai bisnis sendiri, tentunya Anda membutuhkan masukan dari beberapa orang terdekat atau dari mereka yang sudah berpengalaman menjadi wirausahawan.

Namun ada pula orang-orang yang justru bersikap negatif pada Anda dan melontarkan kritikan pedas yang bisa membuat rasa percaya diri Anda jatuh.

Untuk itu, coba abaikan empat kritik negatif berikut, yang dapat menjatuhkan Anda.

Kamu sangat muda, dan pernah kamu pergi ke sekolah bisnis?
Tanggapan ini sangat meremehkan usia muda Anda, sehingga Anda dianggap tidak kompeten untuk memulai bisnis sendiri. Banyak pula orang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis, harus mengenyam pendidikan di bidang tersebut. Padahal banyak pula para wirausahawan yang memulai bisnis karena passion, minat, dan bakat mereka sendiri.

Jangan tanggapi pernyataan seperti ini dan tetaplah yakin pada kemampuan diri Anda sendiri. Bukannya mengambil pendidikan di sekolah bisnis tidak penting, namun bukan berarti Anda bisa meremehkan orang yang tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tersebut.

Apakah itu bisa menghasilkan uang?
Banyak orang meragukan bisnis yang baru dimulai bisa menghasilkan uang sebanyak orang yang bekerja kantoran. Memang, Anda mungkin pernah mendengar kisah sukses para pebisnis, tapi tak jarang pula mereka sempat mengalami kegagalan.

Anda bisa menanggapi pertanyaan ini dengan menjelaskan bahwa Anda sudah melakukan riset sebelum memulai bisnis. Anda juga sudah memikirkan ide bisnis tersebut secara matang, sehingga berbagai macam risiko juga sudah diperhitungkan.

Kamu yakin dengan target pasar yang dipilih?
Pertanyaan seperti ini biasanya karena orang meragukan pemilihan target pasar dari bisnis yang Anda bangun. Ada yang bilang target Anda terlalu kecil, ada pula yang menganggap target Anda terlalu umum dan pesaing Anda terlalu banyak.

Anda bisa membalikkan pertanyaan dengan cara menanyakan, Apakah kamu punya rekomendasi? dan lihat jawaban orang tersebut. Jika jawaban dia lebih baik dari rencana Anda, maka itu akan jadi masukan bagi Anda. Tapi jika tidak, maka jelaskan saja tentang alasan pemilihan target pasar Anda tersebut.

Lalu, apa yang akan kamu lakukan jika tidak berhasil?
Ini juga salah satu pertanyaan yang menunjukkan keraguan pada rencana Anda. Namun Anda bisa menjawabnya dengan penuh keyakinan, bahwa Anda akan berusaha agar bisnis tersebut bisa berhasil.

Katakan saja Anda memahami bahwa memulai bisnis tidaklah mudah dan mungkin akan menghadapi berbagai tantangan saat menjalaninya. Anda bisa mengatakan kegagalan di awal-awal bisnis justru bisa membuat Anda melihat apa yang sebaiknya dilakukan, apa yang harus diperbaiki, dan mana yang harus dipertahankan.

Leave a Comment

Back to top
default-poup