Our blog

Bagaimana Anda Tahu Ide Bisnis Anda Sudah Digarap Orang Lain?


November 27, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Ide bisnis Anda mungkin sangat unik dan Anda yakin belum ada orang lain yang sudah memikirkan atau mewujudkannya menjadi sebuah startup. Namun, seberapa yakinkah Anda bahwa ide bisnis itu sama sekali baru atau unik? Jangan-jangan Anda hanya berasumsi tanpa dasar dan tidak melakukan apapun untuk memastikannya terlebih dulu.

Pendiri startup Dropbox pernah melakukan pitching di depan seorang investor suatu saat dan sang investor menanyakan sebuah pertanyaan yang tidak diduga:”Ada perusahaan-perusahaan sama di luar sana yang sudah melakukan hal yang sama seperti Dropbox. Mengapa saya harus menginvestasikan uang saya dalam perusahaan yang ide bisnisnya mirip?”

Ia menjawab,”Ya, memang ada beberapa perusahaan di luar sana yang mirip dengan Dropbox. Namun, apakah Anda menggunakan layanan mereka?”

Sang investor menjawab,”Tidak.”

“Mengapa?”tanyanya.

“Karena kualitas mereka buruk,”tukas si investor.

“Baiklah. Itulah mengapa Dropbox kami dirikan. Kami ingin memecahkan masalah itu.”

Jadi intinya adalah:”Mintalah pendapat konsumen potensial Anda.”

Ide bisnis apapun merupakan solusi terhadap masalah seseorang di luar sana. Tanyakan pada mereka apakah mereka bersedia memecahkannya, bagaimana mereka memecahkannya dan apakah mereka bersedia membayar jika masalah itu sudah dipecahkan.

Tidak masalah bila ide bisnis Anda sudah menjamur di mana-mana, asal Anda bisa melakukannya lebih baik dari mereka yang sudah ada. Jika Anda tidak bisa menyuguhkan produk atau layanan yang lebih baik dari ide bisnis yang sama itu, ada baiknya Anda berpikir seribu kali lagi.

Leave a Comment

Back to top
default-poup