Our blog

Cara Ampuh Mengimpor dan Mempublikasikan Postingan di Blog ke Facebook


October 15, 2012 6 comments Facebook Strategy

Mempublikasikan dan mengimpor sebuah postingan baik secara otomatis maupun manual kerap digunakan blogger untuk masuk ke kanal distribusi social networking yang mampu memberikan imbas lebih masif. Pengguna Facebook dapat terpancing untuk menyebarkan konten Anda (yang menarik) dengan mengklik tombol “Like”. Memposting artikel di blog Anda ke dalam fan page Facebook atau halaman profil Anda diyakini dapat mendongkrak traffic dan pembaca di situs Anda. Kami telah membuat daftar beberapa cara untuk mempublikasikan postingan ke Facebook baik secara otomatis maupun manual.

Mengimpor Postingan di Blog ke Facebook Lewat Facebook Notes
Ini merupakan cara termudah untuk mengimpor secara otomatis blog Anda ke Facebook. Yang harus Anda lakukan adalah login ke profil Facebook Anda, copy alamat RSS website Anda dan masukkan RSS URL ke dalam aplikasi Facebook Notes di profil Anda. Langkah ini akan menarik feed dari situs Anda setiap hari dan otomatis akan mengimport artikel di blog dan menyimpannya sebagai Facebook Notes.

Ingat, Facebook Notes akan mengimpor apapun yang ditampilkan oleh feed. Jika Anda mengatur RSS situs Anda untuk mengambil seluruh konten dari setiap artike dan bukan hanya kutipan dari artikel, maka Facebook Notes akan menampilkan seisi artikel. Ini bukanlah ide bagus jika Anda seorang blogger. Sebab, Google dan mesin pencari lain akan mengindex Facebook Notes tersebut dan mendorong traffic ke profil Facebook Anda, bukan ke situs Anda!!! Masing-masing judul Facebook Notes akan me-link ke URLnya sendiri dan link asli dari postingan Anda akan terkubur dalam-dalam dan tidak aka nada orang yang bisa menemukannya dengan mudah.

Apakah solusi ini mudah diimplementasikan? – Ya
Mengimpor otomatis ke Facebook? – Ya
Memiliki titile link ke website? – Tidak
Solusi ini bisa diandalkan? – Ya
Menawarkan statistic traffic? – Tidak

Mengimpor Postingan di Blog ke Facebook Lewat Third Party Apps
Social sharing utilities seperti Ping.fm, Posterous dan NetworkedBlogs bisa dimodifikasi dan memberikan control lebih tentang bagaimana caranya konten Anda didistribusikan ke Facebook. Meskipun solusi ini tidak mudah untuk diimplementasikan, namun dengan menambahkan beberapa aplikasi ke dalam profil Facebook atau Fan Page Anda dapat memberikan akses ke fitur-fitur yang diinginkan. Mudahnya, banyak dari beberapa aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melacak jumlah orang yang mengunjungi situs Anda lewat artikel yang diimpor atau di-shared ke facebook. Keuntungan lainnya, tidak seperti solusi Facebook Notes, artikel yang Anda impor memiliki link kutipan judul ke artikel asli di website bukan ke Facebook. Lantaran kutipan artikel yang diimpor ini hanya bisa ditemukan di news feed profil atau wall Fan Page. Kutipan-kutipan artikel inilah yang akan diindex oleh search engine yang membuat Anda tidak akan kehilangan traffic di website.

Apakah solusi ini mudah diimplementasikan? – Tidak
Mengimpor otomatis ke Facebook? – Ya
Memiliki title link ke website? – Ya
Solusi ini bisa diandalkan? – Ya
Menawarkan statistic traffic? – Ya

Mengimpor Postingan di Blog ke Facebook Lewat Plugin WordPress
Jika Anda memiliki blog WordPress, ada beberapa plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk memposting artikel ke Facebook secara otomatis. Anda hanya harus mengunggah dan menginstall plugin kemudian masukkan data login Facebook agar plugin tersebut dapat mendorong konten ke profil Facebook atau Fan Page Anda. Plugin WordPress seperti WordBook, Gigya Socialize dan FT-FacePress-II adalah sebagian plugin posting Facebook yang populer. Satu-satunya kelemahan dari solusi ini adalah Anda sangat bergantung pada pengembang plugin agar mereka mengupdate secara regular untuk memastikan bahwa plugin tersebut bekerja dengan baik pada versi WordPRess yang Anda gunakan.

Apakah solusi ini mudah diimplementasikan? – Ya
Mengimpor otomatis ke Facebook? – Ya
Memiliki title link ke website? – Ya
Solusi ini bisa diandalkan? – Tidak selalu
Menawarkan statistic traffic? – Kadang-kadang

Mengimpor Postingan di Blog ke Facebook Lewat RSS
Ada beberapa aplikasi RSS (semisal Social RSS) di Facebook yang bisa Anda gunakan untuk mengimpor RSS feed di stus Anda secara otomatis ke Facebook Fan Page atau Profile Page. Aplikasi ini membutuhkan sedikit upaya untuk pengaturan dan praktis Anda tidak membutuhkan waktu khusus untuk me-maintain-nya. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan aplikasi RSS ke dalam Fan Page atau Profile Page Facebook Anda dan paste alamat RSS situs Anda ke dalamnya. Setiap artikel baru yang dipublikasikan di dalam website Anda akan di-update dan aplikasi RSS akan memposting kutipannya di Facebook.

Apakah solusi ini mudah diimplementasikan? – Ya
Mengimpor otomatis ke Facebook? – Ya
Memiliki title link ke website? – Ya
Solusi ini bisa diandalkan? – Tidak selalu
Menawarkan statistic traffic? – Pada versi berbayar

Mengimpor Postingan di Blog ke Facebook Lewat Newsletter
Sebagian blogger lebih memilih untuk mempublikasikan newsletter mingguan yang mengandung intisari dari artikel dan konten berguna lainnya selama seminggu dari situs Anda. List email bertujuan untuk menambah follower untuk melawan Facebook, Twitter atau NetworkedBlogs karena Anda memiliki fungsi control untuk mengaturnya. Jadi, jika Anda tidak memiliki Facebook Fan Page atau Twitter Follower dan jika untuk beberapa alasan akun Anda secara tidak sengaja terhapus maka Anda dapat kehilangan subscribers. Mempublikasikan article newsletter harian ke Facebook tidak direkomendasi sebagai layanan email marketing karena akan melambungkan biaya kampanyenya. Alasan lain menggunakan newsletter untuk memposting artikel ke Facebook adalah karena subscriber Anda mungkin akan terganggu dengan email newsletter harian dan membatalkan subscriptionnya.

Apakah solusi ini mudah diimplementasikan? – Ya
Mengimpor otomatis ke Facebook? –Tidak
Memiliki title link ke website? – Ya
Solusi ini bisa diandalkan? – Ya
Menawarkan statistic traffic? – Ya

Mengimpor Postingan di Blog ke Facebook Secara Manual
Jika Anda ingin memiliki pengendalian penuh saat memposting artikel di website ke dalam Fan Page Facebook atau Profile Page, Anda dapat secara manual menambahkan masing-masing artikel lewat status update Facebook atau FB share button. Untuk melacak berapa banyak yang mengklik masing-masing postingan artikel yang ada di Facebook, (lagi-lagi) secara manual Anda dapat memasukkan shortened URL sebelum Anda mempublikasikannya ke Facebook.

Apakah solusi ini mudah diimplementasikan? – Ya
Mengimpor otomatis ke Facebook? –Tidak
Memiliki title link ke website? – Ya
Solusi ini bisa diandalkan? – Ya
Menawarkan statistic traffic? – Ya

6 comments

  • kugaberarti November 20, 2012 at 02:31 am | Reply

    hmm sepertinya menarik dan patut untuk dicoba :)
    thanks infonya..


  • peluang usaha November 20, 2012 at 03:42 am | Reply

    Coba juga applikasi RSS Grafiti, sudah ada di FB tinggal di aktifkan, mudah,dapat link title dan URL, jadi bisa mendapat trafik juga ke blog


  • babyshopjakarta November 30, 2012 at 03:22 am | Reply

    sudah pakai rsss grafitty namun pertimbangan yang llain mana yang lebih baik pakai rss graffitty apa notes yah ?


  • Kontes Indonesia December 14, 2012 at 01:06 am | Reply

    wah baru tau, ternyata banyak juga cara untuk kirim rss ke facebook. tnx infonya


  • imam February 24, 2013 at 16:26 pm | Reply

    Thanks mas bro, bermanfaat banget tuh,
    kunjungi blog ane juga ya !
    ditunggu


  • Pemain Poker December 04, 2013 at 20:15 pm | Reply

    ternyata cukup sulit ea belajar strategi pemasaran online -_-
    tetapi sepertinya semua hal memang harus untuk dipelajari dan dipraktekan :)
    terima kasih untuk informasinya


Leave a Comment

Back to top
default-poup