Our blog

Cara Memaksimalkan Marketing Bisnis Melalui Twitter


September 01, 2014 0 comments Facebook Strategy

Kita sering mendapatkan postingan dan tag dari teman maupun toko online di akun Facebook bukan? Ya, penjualan dengan sistem ini ternyata terbilang cukup efektif dilakukan di Facebook. Jaringan sosial yang sudah terbentuk memudahkan penjual untuk menyasar pembeli mereka.

Lalu, bagaimana dengan Twitter? Sosial media satu ini juga memiliki jejaring sosial yang tidak kalah dari Facebook. Namun, selama ini Twitter sering digunakan sebatas untuk ‘berbagi’ informasi, tidak berupa komunikasi dua arah. Starr Hall, seorang pakar jejaring sosial dari Amerika Serikat ini menemukan celah untuk memanfaatkan Twitter sebagai sarana marketing yang efektif.

Menurut Hall, terdapat lima hal yang bisa dimanfaatkan di Twitter untuk meningkatkan strategi marketing:

1. Manfaatkan search options
Pencarian lanjutan di search.twitter.com memungkinkan pengguna untuk menyisipkan kata kunci yang kemungkinan orang gunakan untuk menemukan seseorang atau produknya.

Selain itu, fungsi pencarian memungkinkan pengguna untuk membuat target tweet di daerah tertentu tanpa harus keluar dari komunitas sebelumnya. Hal ini memungkinkan pebisnis lokal untuk menjangkau pengguna Twitter di daerah mereka.

2. Tweet meningkatkan optimasi search engine
Sering melakukan tweet tidak hanya membuat pengguna tetap aktif di newsfeeds, namun juga meningkatkan posisi pengguna di pencarian online.

Namun, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang mudah diingat di tweet sesering mungkin. Jika tidak menggunakan nama perusahaan atau nama asli, maka pastikan informasi itu ada di data pribadi Twitter anda. Ini penting karena bisa membantu Google dalam membuat konten indeks yang sesuai dengan bisnis anda.

Kemudian, anda bisa menggunakan Google Alerts untuk memonitor nama anda dan perusahaan anda. Informasi mengenai pendapat orang tentang perusahaan anda atau mungkin persaingan bisnis bisa diperoleh di sini.

3. Menjalin hubungan dengan media
Beberapa tools di Twitter bisa membantu anda untuk menemukan wartawan maupun editor dan mengetahui seberapa aktif mereka di Twitter. Dengan begitu, anda bisa menentukan media mana yang cocok dengan bisnis anda dan bisa membuat koneksi dengan wartawan di media tertentu.

4. Menjangkau pengguna ponsel
Pengguna mobile merupakan pasar yang bagus untuk bisnis anda. Twitter memungkinkan anda untuk membuat tweets yang dikirim secara langsung ke teman anda di Twitter sebagai SMS. Di Indonesia sendiri, beberapa operator telekmunikasi sudah mengeluarkan layanan ini, seperti Axis dan Indosat.

5. Ubah topik setiap kali anda melakukan tweet
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan lalu lintas Twitter anda. Sering merubah topik mampu menarik berbagai orang untuk melihat Twitter anda. Dan jika anda memuat topik itu di waktu yang berbeda, maka jangkauan orang yang bisa diperoleh lebih banyak lagi.

Leave a Comment

Back to top
default-poup