Our blog

Cara Meningkatkan Talking About This di Facebook


August 09, 2012 1 comments Facebook Strategy

Para admin Facebook fanpage pasti sudah kenal dengan yang satu ini. Ya, kata-kata yang satu ini bisa Anda lihat di bawah foto header pada Facebook Timeline, yang menjadi indikasi efek viral dari Facebook Page yang Anda kelola. Facebook Talking About This bisa mendorong pemilik Fanpage untuk mengajak orang berinteraksi dan memberikan gambaran bagi pengunjung page tentang bagaimana interaksi di page tersebut. Singkatnya, “Talking About This” adalah pengukuran semua interaksi yang ada di Facebook Fanpage. Mulai dari yang sederhana seperti like, komentar, pertanyaan yang dijawab, postingan di wall, share postingan, mention page dalam postingan, tag page di foto hingga menulis rekomendasi tentang page. Lalu bagaimana caranya mendongkrak nilai efek viral alias Talking About This?

Tentukan Strategi
Sebelumnya Anda harus menentukan strategi yang akan Anda jalani untuk Facebook Fanpage. Nah, untuk menentukan strategi tersebut, Anda harus mengenali fans Anda dan bagaimana mereka berhubungan dengan Anda. Lalu jenis konten seperti apa yang dianggap penting oleh fans dan mampu membuat mereka berinteraksi? Berapa lama waktu yang bisa Anda habiskan untuk mengupdate page tersebut? Apakah Anda menginginkan Page tadi untuk membangun awareness atau meningkatkan penjualan? Setelah Anda mampu menjawab semua pertanyaan tadi, barulah Anda bisa menentukan strategi yang akan digunakan

Buat Status Yang Memiliki Interaksi Tinggi
Untuk meningkatkan angka, Anda juga bisa menerapkan konsep sapaan rutin baik harian atau Mingguan dengan status yang dianggap memiliki nilai interaksi tinggi (tergantung karakter page). Misalnya:

Selamat hari Jumat. Untuk kamu yang sedang bahagia di hari Jumat ini, silahkan klik tombol Like!
Yang masih merasa sedih di Senin pagi yang mendung ini klik Like ya!
Weekend kemarin senang banget main sama kucing kesayangan. Yang suka kucing juga silahkan klik Like ya!

Buat Rencana Postingan
Selain postingan dari teman, orang (fans) akan melihat update Page langsung di news feed, jadi berbagilah konten yang menarik, informatif, dan personal. Memposting konten yang menawan akan memicu terjadinya perbincangan di Facebook dan orang akan berbagi update-an tersebut ke teman-temannya. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan personal dan beraksi natural layaknya Anda dengan teman Anda.

Buat Perbincangan
Buat, bangun dan kembangkan dialog dengan komunitas Anda di page yang Anda jalankan.

Ajak orang untuk beraksi dengan menanyakan sebuah pertanyaan di status update dan pancing orang untuk posting atau berkomentar.
Gunakan aplikasi pertanyaan untuk mengumpulkan suara komunitas Anda dan mendapatkan feedback yang instan.
Respon terhadap semua komentar, maka orang akan merasa senang karena mengetahui bahwa Anda mendengarkannya.
Jadikan fans Anda bintang. Jika seseorang memposting sesuatu yang bagus di page Anda, repost dan ucapkan terima kasih.

Tawarkan Pengalaman Yang Mengesankan
Perkaya cerita atau postingan Anda dengan konten yang menggambarkan pesan Anda dan mampu mengajak audience berinteraksi.

Gunakan foto dan video. Visualisasi selalu mampu menjadi jalan terbaik ketimbang hanya teks.
Buat Facebook events untuk meng-highlight kampanye atau acara. Ajak fans Anda untuk dating dan mengundang temannya.
Share link tentang berita singkat, event penting atau video yang menghibur.
Selebrasikan keberhasilan Anda. Saat anda sudah berhasil mencapai jumlah likes tertentu (yang cukup signifikan tentunya), post sebuah komentar yang berisi ucapan terima kasih kepada fans dan audience yang telah mensupport.

1 comments

  • Kerudung Bagus November 09, 2013 at 13:11 pm | Reply

    Bagus sekali bisa jadi referensi ane gan, terima kasih banyak gan semoga fan page ane bisa meningkat gan


Leave a Comment

Back to top
default-poup