Our blog

Cari Inspirasi Bisnis di Media Sosial


October 02, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Media sosial diyakini dapat meningkatkan popularitas bisnis para entrepreneur (wirausaha) dan membantu mendapatkan respons yang cepat dari konsumen. Di sisi lain, media sosial dapat menjadi sumber inspirasi bagi para entreprenur untuk menemukan ide bisnis baru yang sukses.

Obrolan yang terjadi di media sosial dan berbagai tren yang muncul dapat membantu para entreprenur mendapatkan inspirasinya. Berikut lima taktik yang dapat Anda gunakan di media sosial.

1. Trending topics
Trending topics dapat merepresentasikan berita populer yang tampil dalam obrolan di Facebook dan Twitter, seringkali ditampilkan dalam bentuk hashtag atau tanda pagar. Ini adalah perwujudan dari obrolan di media sosial, buzz, dan percakapan umum.

Trending topics juga menjadi sarana bagi munculnya komplain. Pikirkan trending topics sebagai sumber pembelajaran khusus bagi Anda. Simak yang terbentuk dalam skala global maupun komunitas.

Jika Anda memberi perhatian khusus pada trending topics, Anda dapat mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi penting yang cukup untuk memulai solusi ide bisnis Anda.

2. Popular pages
Pinterest dan Instagram secara jelas menampilkan berbagai foto mengenai hal-hal yang sedang orang minati dan gemari melalui bagian popular page atau halaman populer.

Jelajahi laman populer dan topik yang sedang diminati untuk membantu anda mendapat wawasan baru yang berharga.

Hasil penelitian Anda ini dapat menginspirasi Anda mendapatkan ide baru untuk mendapatkan konsumen potensial.

Para wirausahawan kemudian dapat merefleksikan kembali apa yang mereka pikir akan konsumen beli. Apakah Anda akan menciptakan bisnis baru untuk membantu hidup mereka lebih mudah? Apakah mereka akan tertarik?

3. Platform crowdfunding
Situs crowdfunding seperti Kickstarter, Kitabisa, dan Indiegogo merupakan sumber yang bagus untuk menemukan tren, produk baru, dan berbagai layanan.

Bisnis dan startup dapat mengamati platform ini untuk peluang pendanaan dari perusahaan kapitalis, investor yang baik, dan masyarakat luas.

Dengan menentukan bisnis mana yang dapat menerima pendanaan dan apa yang masyarakat minati, para wirausahawan bisa mendapatkan masukan atas apa yang dicari para konsumen, apa yang mereka minati, dan untuk apa mereka akan membayar.

4. Acara TV dan layar lainnya
Sekarang, kita terbenam dalam era digital dan bangkitnya layar kedua yang menjadi demikian populer. Layar kedua itu seringkali adalah komputer, laptop, atau perangkat mobile yang digunakan untuk mengikutsertakan dan berinteraksi dengan meningkatkan media experience.

Misalnya saja, banyak acara televisi yang memanfaatkan layar kedua ke dalam pertimbangan saat menulis skrip dan rekaman. Ketika acara televisi itu tayang, para pebisnis bisa memanfaatkannya dengan memantau Twitter dan Facebook, kemudian membaca umpan balik dari para penonton.

Apakah ada bisnis baru yang bisa diangkat dalam acara televisi yang mencapai kesuksesan? Maukah orang-orang menggunakan produk itu? Bisakah Anda memperbaiki ide bisnis itu untuk kepentingan bisnis Anda?

Mempelajari hal-hal yang berhasil dan yang gagal dapat membantu Anda menemukan gagasan baru. Anda juga memiliki peluang untuk mendengarkan dan melihat umpan balik dari para investor.

5. Trending pages
Kita telah membahas trending topics, maka pikirkan poin ini untuk memberi petunjuk keseluruhan laman dari trending topics.

StumbleUpon dan Flipboard memiliki banyak trending topic dari seluruh industri yang telah dikategorisasikan ke dalam trending pages untuk Anda, dan yang perlu Anda lakukan tinggal menyimak.

Periksa laman yang ada untuk topik yang sedang populer dan baca komentar yang ada, lalu apa yang orang-orang katakan? Jika terdapat isu, apakah itu adalah hal yang harus Anda jawab dan selesaikan dengan solusi bisnis Anda?

Jika Anda telah kehabisan ide dan mencari inspirasi, situs di atas dapat menjadi kunci untuk melecut mesin kreatif Anda.

Leave a Comment

Back to top
default-poup