Our blog

Dua Kendala Saat Memulai Bisnis


December 03, 2013 0 comments Facebook Bussiness

Pencarian peluang usaha modal kecil sangat populer di kalangan masyarakat saat ini. Tapi apakah memang ada usaha dengan modal kecil tapi bisa menghasilkan untung besar. Semua usaha yang kita lakukan baik itu bermodal besar ataupun kecil akan memberikan keuntungan bagi kita jika melaksanakannya dengan tekun dan berjiwa pantang menyerah. Para pebisnis – pebisnis besar pun tidak ada yang tidak pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya, namun karena mereka memiliki sifat pantang menyerah dalam menghadapi hidup segala sesuatu dapat dihadapi dengan jiwa besar.

Oke kembali bahasan semula, peluang usaha dengan modal kecil atau bahkan ada yang cari peluang usaha tanpa modal. Kendala yang sering kita alami jika ingin memulai usaha adalah :

1. Tidak punya modal ( penting tapi bukan yang utama )

Secara umum jika kita ingin memulai suatu usaha kita harus punya modal duit, dan ini seringkali menjadi kendala / keluhan setiap orang untuk dapat memulai usaha. Tapi apakah mutlak duit harus kita punyai jika ingin memulai usaha?. Saya kira tidak. Jika ingin memulai usaha modal utama yang kita perlukan adalah ” keinginan untuk maju ” yang kuat dari dalam diri kita. Ada pepatah yang mengatakan ” di mana ada kemauan disitu pasti ada jalan “.

Apakah jika kita mempunyai modal duit bisa menjamin usaha kita akan berhasil?. Belum tentu kan. Jika kita mempunyai gagasan tentang usaha baru yang ingin laksanakan, tapi modal uang tidak mencukupi, mulai saja dengan menulis gagasan Anda tersebut dalam bentuk proposal atau paling tidak Anda buat catatan kecil tentang prospek usaha yang Anda rencanakan. Berapa biaya yang diperlukan, alat – alat apa saja yang dibutuhkan, lokasi yang strategis dimana, proses opersionalnya, serta keuntungan yang bisa dicapai dalam 1 bulan berapa, hingga BEP nya ( jangka waktu balik modal ) Nah, setelah optimis dengan ” rancangan usaha ” yang Anda buat tersebut, Anda bisa menunjukkannya kepada teman, atau saudara Anda yang kira2 mau menginvestasikan uangnya untuk usaha anda tersebut. Kalau ada teman atau saudara Anda yang mau berinvestasi untuk Anda dan Anda berhasil memulai usaha Anda tersebut, modal berapa yang Anda keluarkan?. Nyaris tanpa modal kan. mantaapp.

2. Bingung mau usaha apa atau merasa tidak punya keahlian khusus

Jika Anda tidak mempunyai gambaran apapun ingin usaha apa, Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk menjualkan produk orang lain. Misalkan di sekitar rumah Anda ada konveksi yang memproduksi pakaian, Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk membatu menjualkannya, tentu dengan hitungan komisi atas kesepakatan bersama. Tawarkan saja komisi Anda berdasarkan jumlah barang berhasil Anda jual. Anda bisa menawarkan jualan Anda ke teman – teman Anda, atau bahkan secara online dengan memanfaatkan kecanggihan internet saat ini. Bisa melalui jejaring sosial facebook, twitter, bahkan toko online. Andapun bisa membuat toko online sendiri jika Anda mau mempelajarinya. Jika anda berhasil menjual banyak otomatis keuntungan Anda juga banyak bukan?. Anda hanya bermodal tenaga Anda saja, tidak pake duit. Saya kira dalam menjual suatu produk tidak memerlukan keahlian khusus, yang paling penting dalam menjual harus jujur tentang produk yang anda tawarkan, dan juga berikan daya tarik kepada calon pembeli Anda, misalkan beli 1 lusin diskon 5 % atau beli 4 gratis 1 dan sebagainya. Dan juga katakan kepada pembeli Anda akan ada diskon atau bonus untuk pembelian selanjutnya. Dengan cara ini pembeli akan tertarik membeli produk yang Anda tawarkan. Tapi yang harus Anda ingat konsumen paling tidak suka dibohongi, katakan apa adanya tentang barang yang Anda jual, jangan sekali – kali membohongi calon konsumen jika Anda berbisnis di bidang penjualan.

Leave a Comment

Back to top
default-poup