Our blog

E-mail Pemasaran Ternyata Masih Efektif


February 20, 2014 0 comments Facebook Marketing

Apa media murah yang paling efektif untuk digunakan? Apakah media sosial seperti Twitter dan Facebook? Jika pendapat Anda demikian, maka Anda harus berpikir ulang. Karena menurut survei, dalam hal pemasaran, kekuatan email marketing 40 kali lebih besar dibandingkan dengan media sosial.

Survei itu dilakukan oleh perusahaan konsultan manajemen global Amerika , McKinsey & Co. Di sana disebutkan, bahwa email marketing jauh lebih efektif dalam mendapatkan pelanggan dibandingkan dengan gabungan antara tweet di Twitter dan postingan serta like di Facebook.

Jika Anda bertanya-tanya, kenapa pemasar tampak sangat antusias mengirimkan Anda email marketing? Jawabannya sederhana, karena itu manjur, kata McKinsey.

Tidak hanya McKinsey, pakar Digital Marketing asal Indonesia, Denny Santoso juga mengatakan bahwa email bekerja sangat baik dalam pemasaran.

Jika Anda belum pernah mencoba email marketing, maka cobalah, karena impact-nya sangat baik, paparnya pada Gathering Ednovate di gedung Indosat, Gambir, Jakarta.

Menurutnya, ada beberapa kelebihan yang dimiliki email ketimbang dengan media sosial.

Kelemahan media sosial adalah, tautan promosi Anda berkemungkinan untuk tenggelam di timeline (jika lama tidak dibaca). Anda juga bisa di unfollow, ucap Denny.

Sementara jika via email, meski tidak dibuka, setidaknya subjek atau judul email Anda pasti dibaca. Selain itu, banyak orang yang berpindah-pindah media sosial, seperti dari Facebook lari ke Twitter, kemudian ke Instagram, dan sebagainya. Tapi jarang yang berubah emailnya, tambahnya.

Jika sebuah survei dan sebuah pernyataan dari pakar media sosial masih belum bisa Anda terima, pada bulan Desember lalu, Hospitality.Net memberikan perbandingan dengan judul Email vs. Social Media-Which One Deserves Your Marketing Dollar?

Hasilnya, email marketing menang dengan sangat telak.

Meskipun ada banyak tren di sekitar media sosial, email menang telak, Madigan Pratt menegaskan dalam tulisannya untuk Hospitality.

Meski begitu, ada hal yang patut Anda perhatikan dalam mengirimkan sebuah email marketing. Salah satunya adalah Go Mobile.

Hampir 45% dari seluruh email marketing dibuka melalui perangkat mobile, ungkap para penulis.

Jadi, siapa sekarang yang menganggap remeh email marketing?

Leave a Comment

Back to top
default-poup