Our blog

Enam Cara Mempopulerkan Toko Online


September 03, 2013 0 comments Facebook Tips

Mempopulerkan toko online penting untuk meningkatkan brand awareness merek bisnis yang Anda miliki. Karena berbisnis di ranah online, Anda memiliki kompetitor produk sejenis yang jumlahnya banyak dan berasal dari berbagai penjuru dunia. Yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana membuat merek bisnis Anda lebih menonjol dibanding merek kompetitor, salah satunya dengan membuat merek bisnis Anda tersebar di dunia maya.

Penyebaran merek bisnis di media online dipengaruhi oleh tingkat popularitas bisnis tersebut di kalangan konsumen online. Semakin populer nama sebuah toko online, semakin mudah pembeli menemukan merek bisnis dari toko online tersebut. Apa saja sarana yang dapat digunakan untuk mendongkrak popularitas sebuah toko online?

Media sosial

Seberapa sering Anda melakukan posting di Facebook? Apakah Anda menulis tweet tentang produk secara berkala? Kualitas foto produk seperti apa yang Anda unggah di Pinterest? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini membantu Anda dalam menentukan tipe konten di media sosial yang dimiliki oleh bisnis Anda. Seluruh posting yang Anda tulis di media sosial hendaknya selalu menceritakan bisnis Anda secara lengkap dan menarik, bahkan dapat menggiring pembeli untuk berkunjung ke toko online Anda.

Blog

Blog adalah media di mana Anda bisa mengurangi semangat berjualan Anda dan mengedepankan konten yang bermanfaat bagi konsumen. Melalui blog, Anda dapat menuliskan hal-hal yang menarik, unik, menghibur, dan berguna bagi pembeli. Tulislah hal-hal yang tidak melulu mempromosikan produk Anda, melainkan mengedukasi pembeli terkait bidang bisnis yang Anda geluti. Dengan menulis konten yang bermanfaat dalam blog, Anda dipandang sebagai pemilik toko online yang memang kredibel di bidangnya.

Artikel online

Ulasan dalam bentuk artikel di media online sangatlah efektif untuk mempopulerkan nama toko online. Media massa dipandang sebagai pihak yang independen sehingga akan meliput dan menulis artikel yang memang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Jika Anda mampu membuat toko online Anda dimuat di media online, dapat dipastikan merek bisnis Anda dikenal luas. Secara otomatis, popularitas toko online pun akan terangkat.

Video

Seberapa sering Anda memproduksi video terkait produk Anda untuk diunggah di YouTube? Jika sering, bagaimana kualitas video yang Anda buat tersebut? YouTube dapat menjadi sarana pemasaran online yang efektif. Video yang menggabungkan unsur audio dan visual adalah konten yang paling menarik perhatian konsumen. Belum lagi banyaknya pengguna aktif YouTube bisa dipandang sebagai pangsa pasar potensial. Cantumkan alamat toko online dalam setiap video produk yang Anda unggah di YouTube.

Gambar

Penelitian membuktikan, sebuah gambar menstimulus otak lebih cepat dibanding tulisan. Inilah yang mendasari dunia periklanan dan bisnis o-line untuk lebih banyak melibatkan gambar di media sosial dalam berpromosi. Bagi banyak pebisnis online, mengunggah gambar produk atau jasanya dirasa lebih bisa mendatangkan keuntungan, terutama saat mempromosikan toko onlinenya.

Mobile marketing

Jumlah pengguna smartphone dan gadget di era digital ini sangatlah banyak. Ini merupakan pertanda bahwa semua orang kini telah go online. Untuk mengimbangi fenomena ini, Anda perlu membuat toko online Anda mudah ditemui pembeli melalui smartphone, salah satunya lewat desain toko online untuk ponsel atau mobile site, serta pembuatan aplikasi untuk gadget seandainya merek bisnis Anda sudah go international.

Leave a Comment

Back to top
default-poup