Our blog

Entrepreneur sebagai Pengguna Kekuasaan yang Bijaksana


July 15, 2013 1 comments Facebook Bussiness

Dalam menjalankan peran sebagai entrepreneur, kita juga harus menjadi sosok pimpinan yang baik. Pemimpin adalah penata layanan dan pengguna kekuasaan (power) secara bijaksana. Mereka beroperasi pada lingkup emosional, spiritual, nilai-nilai, komitmen, dan aspirasi. Tugas pemimpin adalah melayani misi dan anggota organisasi.

Naluri seorang entrepreneur berjiwa pemimpin ialah menyukai perubahan, dan itulah pilihan mereka. Agar berhasil dalam menghadapi proses perubahan, seorang pemimpin perlu untuk memiliki konsep kepemimpinan yang menonjol yaitu:

Keterarahan

Selalu menemukan jalan untuk maju dan lebih baik. Ini akan menumbuhkan rasa keterarahan (mencakup pengidentifikasian sasaran baru, produk atau bentuk pelayanan baru dan pasar yang baru).

Inspirasi

Pendekatan dan sikap yang diperlihatkannya mengobarkan motivasi (energi yang selalu bergerak) yang sudah ada di dalam diri organisasi, tim serta individu.

Membangun tim

Cederung berpikir dalam kerangka tim. Kelompok-kelompok individu ditransformasikan ke dalam tim, dan tim cenderung mencari pemimpin bukan bos atau atasan.

Teladan

Pemimpin harus mampu menjadi teladan (contoh yang baik). Dalam konsep kepemimpinan yang digali dari falsafah dan nilai-nilai budaya Jawa dijelaskan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki sikap-sikap:

Ing ngarsa sung tuladha: Apabila seorang pemimpin berada di depan anak buahnya, ia akan menjadi contoh dan teladan dengan cara mewujudkan cita-cita secara konsisten dan konsekuen.
Ing madya mangun karsa: Apabila berada di tengah mampu membangun kehendak bawahan serta merangsang dan menggairahkan semangat, aktivitas dan kreativitas.
Tut wuri handayani: Apabila berada di belakang mengikuti perkembangan bawahan dengan penuh perhatian, berdasarkan cinta kasih tanpa pamrih, tanpa keinginan menguasai dan memaksanya.

Penerimaan

Anda bisa ditunjuk jadi “pemimpin” tetapi Anda belum benar-benar menjadi pemimpin sampai penunjukan itu diterima dalam hati dan pikiran mereka yang bekerja bersama dengan Anda.

Seorang pemimpin yang baik di satu tingkat tidak selalu berarti bahwa ia akan mampu memimpin dengan baik di tingkat berikutnya.

1 comments

  • Model Baju Terbaru July 17, 2013 at 13:59 pm | Reply

    Excellent post. I absolutely appreciate this website.
    Keep it up!


Leave a Comment

Back to top
default-poup