Our blog

Jangan Abaikan Viral Marketing Di Facebook


August 14, 2012 0 comments Facebook Marketing

Hingga saat ini Facebook telah berhasil merengkuh lebih dari 955 juta pengguna, dan sekitar 552 juta diantaranya menggunakan Facebook setiap hari. Beberapa tahun lalu, situs jejaring sosial karya Mark Zuckerberg tersebut digadang sebagai situs berplatform social media yang bisa digunakan untuk marketing, baik viral maupun tidak. Namun sekarang fungsi Facebook telah berubah dari sekedar social platform menjadi acuan dari orang yang mencari atau mempromosikan semua hal secara online.

Jadi inti dibalik melesatnya perkembangan social media raksasa ini adalah, Facebook kini telah berubah dari sekedar situs pertemanan biasa menjadi sebuah situs yang juga memiliki kemampuan untuk melakukan viral marketing lebih besar dan lebih baik. Berikut daftar fitur dan tips yang membuat Facebook menjadi viral-friendly.

Facebook Application: Viral marketing kini juga telah bertransformasi sejak Facebook memulai platformnya di tahun 2007. Kendati ada beberapa yang tidak mengadopsi fungsi viral, namun ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh para viral marketer. Masih ragu saat ingin melansir kampanye viral marketing di Facebook? Farmville telah membuktikannya. Ya, pelakon permainan simulais peternakan ini telah berhasil memperkenalkan Farmville kepada jutaan pemilik akun Facebook non-gamer. Interaksi antar penggunanya terjadi hampir setiap hari. Jadi bisa dibayangkan jika format (seperti) Farmville ini dirubah menjadi kampanye brand Anda.

Facebook Pages: Facebook Pages dengan mudah bisa dimodifikasi dan dirubah menjadi profil untuk kepentingan bisnis, merek, selebritis hingga public figure. Anda mungkin tidak bisa menjadi “teman” mereka namun Anda dapat menjadi “fans” nya. Men-set up Facebook Page untuk kepentingan bisnis Anda adalah langkah cerdas untuk merengkuh lebih banyak kustomer baru sekaligus memayungi pelanggan setia Anda. Halama tersebut bisa digunakan untuk menjadi ruang diskusi dan menjadi forum bagi pelanggan Anda. Karenanya, Anda wajib untuk selalu meng-update halaman tersebut. Ada beberapa data statistik yang membuktikan popularitas Facebook Pages: Lebih dari 3 juta pages sangat aktif di Facebook dan sekitar 20 juta orang menjadi fans dari halaman ini.

Facebook Connect: Facebook Connect bisa difungsikan untuk menambahkan elemen sosial ke dalam situs Anda. Misalnya, jika orang mendaftar sebelum berkomentar di blog Anda, yang harus mereka lakukan adalah mendaftar dengan menggunakan data Facebooknya. Mereka tidak harus mengisi seluruh proses registrasi, ini akan menjadikan situs Anda lebih user-friendly. Cara seperti ini juga akan menghasilkan komunikasi dua arah. Maksudnya, aktifitas user di website Anda akan tergambar dari kegiatan mereka di situs pengumpan seperti Facebook. Mereka bisa mengundang lebih banyak teman untuk berinteraksi dengan situs Anda.

Add the Fan Box Widget: Ambil beberapa halaman yang penting dari Facebook Anda dan tambahkan Fan Box Widget ke situs Anda. Langkah ini akan memudahkan user menjadi fans dari Page Anda tanpa harus mengunjungi situs tersebut terlebih dahulu. Mereka hanya butuh meng-klik “Become A Fan” widget dan voila! Its done. Lalu apa yang membuat widget ini menjadi spesial? Menurut buku the Principles of Scientific Management, “mengeliminir cara yang tidak penting akan meningkatkan produktivitas.”Jadi, dengan menghilangkan beberapa langkah yang tidak perlu, Anda bisa meningkatkan peluang dari seorang pengguna menjadi fans.

Use Your Status to Your Advantage: Anda bisa memposting sebuah link ke artikel atau website lewat status message dan bisa dipastika semua teman (atau fans) Anda akan melihatnya. Contohnya, jika mendesain kaus adalah pekerjaan saya, maka saya akan menaruh link dari situs yang memajang koleksi desain saya pada status message. Anda juga harus memastikan penggunaan Meta tags dan Link tags dari HTML situs Anda agar saat memposting link di Facebook, mereka akan muncul sesuai yang diharapkan lengkap dengan gambarnya. Saat search engine milik Facebook mulai mencari gambar sesuai dengan yang ada di situs Anda lengkap dengan linknya, maka tags yang telah dioptimasi akan memerintahkan ke mesin pencari untuk mengambil resultnya dari situs Anda.

Share With Facebook: Seperti me-retweet dalam Tweeter, Anda juga bisa berbagi konten di Facebok. Share button adalah fitur tambahan di jejaring sosial ini yang bisa digunakan oleh user untuk mengakses video, image atau link yang diposting oleh teman. Contohnya begini, ada sebuah Fan Page untuk konservasi harimau bertajuk “Stripey The Cub.” Page ini dimulai pada tanggal 30 Januari 2010 dan langsung meraih 5.000 fan. Di hari kedua, jumlah tersebut membengkan menjadi 11.000. Pada tanggal 5 Februari 2010 sudah naik menjadi 50.000 dan hingga saat ini jumlah tersebut sudah mencapai angka 155.886 fans. Jika gambar sebuah harimau bisa seperti ini, bisa dibayangkan apa yang bisa Anda laukan untuk website atau produk Anda.

FaceBook Memes: Untuk yang belum kenal, nternet memes adalah sebuah konsep atau ide (termasuk gambar dan video) yang bisa menyebar dengan cepat di web. Dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, tiga Facebook memes berbeda bisa mencetak rekor penyebaran yang fantastis. Misalnya status update warna bra untuk Breast Cancer Awareness.

So, masih belum yakin dengan kualitas viral di Facebook?

Leave a Comment

Back to top
default-poup