Our blog

Jurus Jitu Bersaing dengan Perusahaan yang Lebih Besar


December 05, 2013 0 comments Facebook Strategy

Inilah Jurus Persaingan bisnis saat ini sangatlah kompleks. Tak ayal, kita sering kali bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dan mapan. Apakah kita akan kalah? Belum tentu, jika kita memiliki strategi bisnis yang matang.

Jika ingin bersaing dengan perusahaan besar jadilah yang terbaik. Tidak benar hanya perusahaan besar yang bisa mempekerjakan talenta terbaik. Seperti dilansir Inc.com, Les McKeown, Presiden dan CEO konsultan bisnis Predictable Success, sudah lebih dari 30 tahun membantu banyak UKM mendapatkan talenta yang berkelas dunia dan ia belum pernah melihat pemilik bisnis yang tangguh terhalang mendapatkan talenta yang mereka inginkan.

Jangan hanya mempekerjakan pegawai yang baik. Setiap kali kita merencanakan atau meluncurkan penawaran produk atau layanan, tanya pada diri sendiri: Apakah orang yang kita serahi tanggung jawab adalah terbaik dari yang ada atau hanya terbaik dari yang kita miliki?

Berbicara tentang produk dan layanan, coba lihat kembali penawaran kita. Dalam bidang industri, dalam area geografis, dalam niche yang kita layani, apakah produk dan layanan kita sudah menjadi yang terbaik?

Memberikan produk dan layanan terbaik dalam industri yang kita geluti membutuhkan talenta terbaik. Kita hanya bisa menarik talenta terbaik jika kita berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan terbaik di kelasnya. Keduanya berjalan beriringan.

Kultur adalah salah satu area di mana pemilik UKM bisa mengalahkan perusahaan besar jika mampu menguasai hal ini. Faktanya, banyak perusahaan besar yang mengalami masalah dengan kulturnya. Ada beberapa alasan mengapa organisasi besar memiliki kultur yang parah dari mulai kemalasan, melakukan tindakan bodoh hingga entropi, salah satunya bisa karena besarnya organisasi sehingga komunikasi lebih renggang. Bangun kultur yang baik dengan komunikasi yang baik dan UKM berpeluang untuk melakukan itu dengan ukuran organisasi yang kecil.

Leave a Comment

Back to top
default-poup