Our blog

Kiat Menemukan Kata Kunci yang Tepat untuk Bisnis Online Anda


November 17, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Riset kata kunci, jika berdiri sendiri, belumlah memadai. Untuk menemukan sebuah kata kunci yang baik dibutuhkan beberapa kotak, yang bisa ditemukan dengan menggunakan akal sehat dan ketrampilan editorial. Untuk mengembangkan praktik SEO yang efektif, sebuah kata kunci yang baik harus memenuhi 5 poin berikut ini :

  1. Kata kunci yang baik idealnya berupa 1 kata atau frase yang benar-benar dicari banyak orang. Menemukan kata kunci merupakan langkah penting untuk memberikan konten yang disukai pengunjung situs bisnis Anda. Sebagian kata kunci mungkin terlihat tepat untuk apa yang akan Anda tawarkan. Mungkin Anda ingin menggambarkan bisnis kertas toilet sebagai “penyediaan solusi sanitasi berbasis kertas”, tetapi jika tak seorang pun mencari frase ini, tidak banyak poin yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya. Atau mungkin tim SEO Anda mengoptimalkan untuk “harga tiket pesawat terbang hemat ke Helsinki” karena Anda pikir “harga tiket” lebih tepat untuk bisnis Anda dibandingkan “penerbangan murah”. Namun jika seluruh dunia mencari “penerbangan murah ke Helsinki” saat mereka ingin mendapatkan perjalanan dengan harga wajar ke Finlandia, tak seorang pun akan pernah menemukan situs perusahaan Anda untuk sekadar menghargai kerja keras Anda menemukan nada yang tepat.
  2. Sebuah kata atau frase kunci yang baik idealnya mendukung konten yang relevan atau berguna. Misalnya, situs pengawas penumpang kereta menemukan bahwa banyak orang datang ke situs Anda untuk menemukan waktu keberangkatan dan tibanya kereta. Ini menjadi kata kunci yang populer di dalam pencarian tetapi tidak ada konten yang bisa dikembangkan seputar tema itu dan waktu keberangkatan dan tiba kereta tidak bisa menjadi bentuk layanan khusus tersendiri. Untuk perusahaan Anda dan meskipun popularitas kata kunci tersebut, sangat konyol untuk menulis konten tentang kata kunci ini (daripada kata kunci lain untuk mengarahkan orang menuju situs yang benar.
  3. Kata kunci yang baik seharusnya dipetakan di tujuan bisnis Anda. Jika Anda menjual makanan kucing secara daring (online), mungkin Anda tergoda untuk melakukan optimasi teks di situs bisnis Anda menjadi “kucing lucu”, atau “kucing bermain pinao”. Anehnya, itu karena ada sebagian istilah terpopuler yang dicari orang di Internet. Namun Anda tidak mungkin ditemukan dalam persaingan yang amat ketat dan mereka yang menemukan Anda tidak berarti berminat pada pembelian makanan kucing, yang sebetulnya menjadi inti bisnis Anda. Sehingga Anda membutuhkan rencana strategis yang siap diterapkan untuk ememtakan konten yang relevan dengan para pengunjung dan audiens yang dibidik.
  4. Sebuah kata kunci yang efektif bisa benar-benar panjang. Jumlah rata-rata kata yang digunakan para pengguna Internet di mesin pencari Google terus meningkat dari waktu ke waktu dan terus mengalami perkembangan setiap saat. Di tahun 2004, tak seorang pun yang menggunakan 8 kata atau lebih ke dalam frase pencarian satu kata. Lima tahun kemudian, 4% pengguna melakukan hal itu dan rata-ratanya terus menanjak. Selain itu, studi-studi menunjukkan bahwa kepuasan pengguna naik seiring dengan kenaikan panjang frase yang dimasukkan ke kotak pencarian. Seiring dengan meningkatnya pengguna Google yang memahami Internet lebih baik, kami memahami bahwa semakin spesifik kami bisa melakukan pencarian, semakin bagus kualitas hasilnya. Sehingga kami berpikir tentang kata kunci yang mengarah ke ceruk (niche) tertentu, spesifik dan berjenis long tail (panjang, lebih dari 1 kata/ frase). Inilah kualitas yang ingin Anda cari dalam sebuah kata kunci, mengubah hasil menjadi lebih relevan untuk audiens yang Anda ingin garap.
  5. Sebuah kata kunci dikelilingi konten yang berkualitas. Orang sering mengeluh:”Mengapa peringkat halaman web saya untuk kata kunci X jeblok?” Namun sejujurnya, Anda seharusnya bertanya pada diri Anda sendiri jika Anda sungguh-sungguh memiliki konten yang relevan dan bermanfaat untuk kata kunci tertentu di Internet. Jika Anda tidak mau, lakukan pencarian di Google saja dan tugas Anda ialah memperbaiki kualitas konten Anda sehingga Anda bisa menduduki ranking pertama. Google semakin giat mencari informasi berkualitas dan keandalan editorial dalam konten situs saat ini.

Misalnya, seorang webmaster Google melontarkan pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk memberikan gambaran mengenai apa yang ditanyakan mesin pencari saat menilai kualitas konten Anda:
Apakah Anda mempercayai informasi yang ditampilkan di artikel ini?
Apakah artikel ini ditulis oleh seorang pakar, atau ia hanya membahas secara dangkal?
Apakah situs ini memiliki artikel yang terduplikasi, tumpang tindih atau berlebihan?
Apakah artikel ini memiliki kesalahan fakta, gaya atau ejaan?
Apakah topik-topik muncul lebih karena minat yang alami dari pembaca situs?
Apakah artikel ini memberikan informasi atau konten yang orisinal?
Apakah laman web Anda memberikan manfaat lebih banyak dibandingkan situs-situs lain di hasil pencarian?

Leave a Comment

Back to top
default-poup