Our blog

Langkah-langkah Membikin Rencana Bisnis


July 04, 2014 0 comments Facebook Strategy

Bagi seorang pebisnis profesional mungkin akan mudah dalam menyusun rencana dalam memajukan suatu bisnis. Tetapi bagi pebisnis pemula, hal ini mungkin merupakan hal yang sulit. Tentunya, diperlukan langkah-langkah khusus agar membuat rencana bisnis menjadi lebih mudah.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat membuat rencana bisnis dengan mudah:

Pertama, tuliskan apa yang dapat dijadikan peluang usaha. Ambil tiga peluang usaha yang paling Anda sukai, tentunya yang paling dekat dengan kemampuan skill Anda.

Tentukan peluang bisnis yang paling mungkin Anda kerjakan dalam waktu dekat. Bila Anda sudah menemukan peluang bisnis tersebut, maka Anda bisa memulainya segera mungkin. Lakukanlah dengan langkah kecil dahulu tetapi harus cermat supaya tidak mengalami kegagalan.

Susunlah strategi pemasarannya, sebab tanpa hal itu bisnis tidak akan mudah berkembang.

Catat, berbisnislah sesuai dengan kemampuan modal yang ada. Catat semua cash flow dalam usaha Anda, kapan bisa balik modal dan kapan dapat meraup keuntungan. Tulislah dalam suatu rencana, berapa uang yang harus Anda simpan untuk memajukan bisnis. Misalnya untuk sewa tempat, pemasaran, untuk mendatangkan bahan mentah, dan sebagainya.

Buatlah penelitian kecil tentang kelemahan dan kelebihan kompetitor (pesaing). Kelemahan kompetitor bisa dijadikan keunggulan dalam berbisnis. Misalnya, kompetitor Anda tidak melaksanakan pembayaran melalui kredit, namun Anda bisa menerima pembayaran dengan kredit. Catatlah segala kegagalan yang pernah terjadi. Ambil dan jadikan suatu pelajaran. Agar kegagalan yang terjadi tidak akan pernah terulang kembali.

Leave a Comment

Back to top
default-poup