Our blog

Lima Resep Utama Membangun Jaringan Bisnis


November 04, 2014 0 comments Facebook Tips

Anda saat ini ingin mulai berbisnis atau bahkan sedang merintis bisnis. Tentu, dalam menjalani hal tersebut Anda harus memiliki jaringan bisnis yang luas. Berikut ini beberapa resep yang bisa Anda lakukan untuk membangun jaringan bisnis.

Jangan jadi pemalu
Jangan menjadi orang yang pemalu. Bicaralah pada banyak orang dan biarkan mereka mengenal Anda.

Jangan batasi diri
Bicaralah pada setiap orang yang Anda temui, bahkan yang tidak anda kenal sekalipun. Jangan membatasi hubungan hanya di lingkungan bisnis saja. Di toko buku, supermarket, bahkan di kereta. Anda tak pernah tahu apa yang akan Anda temui. Berbicara dengan banyak orang secara tak langsung juga membangun percaya diri Anda. Percayalah, ini akan membantu karir Anda.

Selalu tersenyum
Jangan pernah meremehkan kekuatan “senyum”. Peter Handal, pengusaha sekaligus penulis buku “How To Win Friends And Influence People” menjelaskan bahwa senyum adalah kunci dari membangun network. “Orang akan lebih terbuka bila pada kita yang murah senyum, dibandingkan dengan orang yang bermuka masam,” terangnya.

Jangan takut ditolak
Jangan khawatir terhadap penolakan-penolakan yang Anda alami selama membangun network bisnis. Anggaplah penolakan itu sebuah pengalaman. Lebih baik ditolak, daripada kehilangan kesempatan bertemu seseorang yang menarik untuk diajak berbisnis.

Tetap jaga relasi
Sudah berhasil membangun beberapa jaringan bisnis. Usahakan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Sebisa mungkin, ingat namanya. Sebab Anda tidak tahu, suatu hari mungkin akan butuh bantuannya.

Leave a Comment

Back to top
default-poup