Our blog

Memahami Lebih Jauh Tampilan Baru Facebook (Timeline)


November 19, 2012 1 comments Facebook Strategy

Layout/tampilan baru dari Facebook Timeline ini mengubah akun Facebook Anda ke dalam lembar memo online, di mana kita dapat menyorot dan menandari momen-momen penting dalam hidup kita di masa lalu.

“Timeline adalah cerita hidup Anda, dalam cara yang baru untuk mengekspresikan siapa diri Anda,” begitu kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dikutip dari laman pcworld.com, beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan namanya, Facebook Timeline berupaya untuk mengatur cerita hidup kita dalam urutan kronologis terbalik berdasarkan konten di profil Facebook. Layout-nya sendiri dirancang dengan tampilan dual kolom, di mana kolom utama yang besar berfungsi untuk melihat konten sedangkan kolom yang kecil di sebelah kanan berfungsi sebagai navigasi cepat.

Jadi, ketika Anda memasukkan momen-momen foto atau video saat lulus SMA, lulus perguruan tinggi, momen pernikahan, atau ketika pertama kali memasuki dunia kerja, semua data itu akan muncul dalam Timeline. Kita juga bisa kembali dan menambahkan foto dan keterangan untuk peristiwa masa lalu yang penting, atau kita juga bisa menghapus foto-foto yang memalukan maupun konten lainnya dari halaman profil baru tersebut.

Seperti yang diketahui bersama, memang ada pro dan kontra terkait perubahan tampilan pada Facebook ini. Pasalnya, ada beberapa orang yang menganggap bahwa layout anyar ini lebih berat, sulit untuk dibaca, dan bahkan ada yang mengatakan kurang melindungi privasi si pemilik akun tersebut. Apapun itu, ada baiknya kita memahami lebih jauh tampilan Facebook baru ini :

Cover Photo. Inilah yang paling signifikan dari perubahan layout halaman Facebook saat ini. Menurut beberapa sumber, cover photo ini bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memasang logo (dalam konteks branding). Ukuran optimal gambar/photo yang bisa diterapkan pada cover photo ini adalah 850px x 315px. Apabila ukuran gambar yang diupload terlalu besar, maka dengan sendirinya terjadi penyesuaian pada gambar tersebut.

Profile Picture. Facebook pun melakukan perubahan pada profile picture dengan ukuran 134px x 134px. Tapi kita bisa memasukkan gambar hingga 190px x 190px.

Pinned Post. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk pengumuman-pengumuman/promo sehingga semua orang yang datang ke halaman kita bisa langsung melihatnya. Fitur ini mungkin sangat berguna jika Anda memiliki fans page dan menjadikan posting favoritnya selalu berada di paling atas tanpa mempedulikan tanggal postingnya.

Highlight Post. Fitur ini juga cukup bermanfaat bagi spAcer yang bergerak untuk kepentingan fans page. Pasalnya, fitur ini bisa membuat adminnya memperbesar foto atau postingan menjadi selebar halaman facebook page, untuk memberikan penonjolan informasi dari postingan lainnya.

1 comments

Leave a Comment

Back to top
default-poup