Our blog

Mengatakan Tidak adalah Bagian dari Keberhasilan


May 28, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Keberhasilan seringkali dibangun di atas kebiasaan refleksif mengatakan “ya” pada peluang yang datang pada Anda. Namun, akhirnya saat Anda telah meraih peluang, Anda harus mengutamakan banyak peluang yang hadir dengan sendirinya atau Anda akan merasa kewalahan, tidak mampu menangai komitmen yang Anda harus penuhi dan bekerja dengan sangat tidak efektif sebagaimana yang diharapkan.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa membantu Anda untuk bisa mengatakan “tidak” pada peluang yang mendatangi Anda dengan lebih mudah:

  1. Berhenti sejenak. perasaan cemas yang muncul dengan mengatakan tidak bisa memuncak menjadi sebuah kondisi emosional yang membuat kita terganggu dalam proses mengolah informasi dan pertimbangan berbagai opsi yang ada. Berhenti sejenak atau setidaknya memperlambat irama kerja atau pembuatan keputusan untuk sementara waktu dapat membuat kita berpikir lebih jernih dan memungkinkan untuk mengejar kembali dengan tenaga yang lebih tinggi, serta membuat pilihan yang menguntungkan kita. Bukan hanya memilih opsi yang meringankan kecemasan kita untuk sementara hanya karena kita merasa bodoh tidak menyambut dan menangkapnya segera.
  2. Berlatihlah mengatakan tidak. Mengatakan tidak dengan cara yang tepat dan memilih kapan harus menolak memang membutuhkan sebuah latihan dan waktu. Menolak peluang yang datang, yang tidak bisa Anda penuhi dengan maksimal, sama saja dengan ketrampilan interpersonal lainnya. Pertama kali terasa agak canggung untuk melakukannya dan seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan dampak positifnya dan lebih terbiasa. Kita akan menjadi lebih sempurna dengan membiasakan diri.

Leave a Comment

Back to top
default-poup