Our blog

Mengenal ‘ Exit Strategy’ dalam Entrepreneurship


May 12, 2014 0 comments Facebook Strategy

Pertama-tama kita perlu mendefinisikan ‘exit strategy’ dalam lingkup bisnis. Dalam wirausaha dan manajemen strategi, exit strategy dapat diartikan sebagai penarikan diri yang terencana dari sebuah perusahaan, atau cara tertentu untuk memindahkan kepemilikan seseorang/ pihak tertentu sebuah perusahaan atau operasional sebagian perusahaan. Para entrepreneur dan investor perlu memikirkan cara-cara agar modal mereka setidaknya utuh meski harus menarik kepemilikan dari sebuah startup atau bisnis. Startegi paling umum ialah menjual ekuitas ke pihak lain melalui ‘trade sale’.

Saat ditanya tentang sebuah ‘exit strategy’, tanggapan sejumlah entrepeneur yang selalu dipenuhi optimisme ialah “tidak ada exit strategy”. Dengan bangga mereka mengatakan membangun perusahaan agar sukses selama mungkin dan tidak akan menjualnya ke pihak manapun.

Tentu saja mereka bisa menjawab demikian karena jika seorang entrepreneur datang dan memberikan sebuah angka yang terlalu bagus dan fantastis, secara otomatis ia akan mempertimbangkan untuk menjual perusahaannya.

Kini sejumlah investor menghendaki diskusi exit strategy yang lebih terperinci sehingga sangat penting untuk memiliki sebuah rencana yang siap saat harus mengumpulkan dana.

Berikut adalah sejumlah pemikiran diskusi exit strategy:
1. Pilihlah 5 transaksi dalam ruang yang sama atau mirip yang sudah terjadi di 24 bulan terakhir dan bersiaplah untuk berbicara menhgenai keuangan untuk setiap (misalnya pemasukan, profitabilitas, jumlah karyawan, nilai valuasi pada saat exit, dan sebagainya)

2. Pilihlah 5 calon pengakuisisi dan jelaskan mengapa mereka bersedia membayar jumlah kelipatan strategis untuk mengakuisis perusahaan.

3. Tuangkan ‘resep rahasia’ startup Anda yang membuatnya diinginkan (misalnya teknologi yang unik, eksekusi yang hebat, budaya kerja yang lebih baik, dan sebagainya). Exit strategy merupakan topik diskusi yang penting saat kita harus menghadapi investor yang hendak memahami manfaat-manfaat akusisi perusahaan saat sudah menjalankannya.

Leave a Comment

Back to top
default-poup