Our blog

Motivasi yang Kuat, Kunci Utama Sukses Berbisnis


September 02, 2014 0 comments Facebook Bussiness

Untuk menjadi entrepreneur sukses ternyata bukan uang yang jadi penentu. Yang utama justru modal non uang seperti mental dan karakter seseorang.

Baik yang memulai usaha kecil maupun yang besar, masalah mental dan kesiapan ini kerap menjadi batu sandungan. Sayangnya, baik di rumah maupun di sekolah, kesiapan mental berwirausaha ini juga kurang dibina.

Psikolog Tika Bisono mengatakan, dirinya pernah menghadapi beberapa orang yang pernah memulai usaha makro. Calon pemilik usaha ini dulunya punya jabatan direktur dan setara, namun kemudian usaha tersebut mengalami kendala karena ketidaksiapan mental.

“Terlepas usahanya besar ataupun kecil, kesiapan mental ini menjadi penting,” ujarnya seperti dilansir Kompas.com.

Disampaikan Tika, kesiapan mental ini juga menentukan keberlangsungan usaha. Termasuk bisa mengganggu keharmonisan berumah tangga. Menurutnya, pelaku usaha mikro saat ini juga banyak dijalani perempuan.

Kendalanya kemudian bagaimana agar suami tidak merasa minder ketika mengetahui bisnis yang dilakoni sang istri sukses. Bagaimana cara menjaga agar ego suami tidak tersinggung. Ini menjadi penting supaya usaha yang dijalani tetap berjalan baik, dan rumah tangga tetap harmonis.

Karena, menurut Tika, seringkali ketika seorang perempuan sukses berbisnis kemudian mengalami masalah dalam rumah tangganya. Kesiapan ini mestinya juga menjadi perhatian walaupun bersikap nonteknis.

Secara keseluruhan, mengutip kisah sukses seorang wirausaha perempuan, Tika menganjurkan untuk siap secara mental dan memberikan beberapa tips. Di antaranya, tiga langkah berikut :

Pertama, motivasi harus kuat. Misalkan karena untuk pendidikan anak, maka mesti ada uang. Dengan begitu terus menjalani usaha sampai sukses supaya bisa meneruskan pendidikan anak sampai ke pendidikan tinggi.

Kedua, tidak punya rasa malu. Dalam sisi positif ini menjadi penting. Ketika melakukan pemasaran, maka rasa malu mesti dihilangkan dulu. Bersikukuh untuk terus mencoba, walau kerap ditolak.

Ketiga, konsistensi dalam menjalankan usaha. Seringkali dalam menjalankan bisnis seseorang terkendala dengan rasa putus asa, lalu berhenti di tengah jalan. Inilah yang mesti disiasati dengan baik, bagaimana tetap bertahan dan terus berusaha, tanpa menyerah.

Leave a Comment

Back to top
default-poup