Our blog

Panduan Singkat Memulai Bisnis Online


August 30, 2013 0 comments Facebook Tips

Internet memang sudah mengubah gaya hidup masyarakat. Kini, masyarakat biasa berbelanja atau berbisnis lewat internet. Tak ayal, bisnis online saat ini telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat.

Bisnis online memang solusi paling tepat untuk Anda yang ingin memulai bisnes baru dengan modal awal minimalis juga risiko memulai bisnis online juga tidak sebesar melakukan bisnis dengan cara tradisional. Bagaimana cara memulainya? Simak paparan singkat bagaimana memulai sebuah bisnis online berikut ini.

Menciptakan merek
Pastikan Anda memiliki produk yang unik dan tidak dimiliki oleh produsen lain, patenkan produk lalu buatlah ‘brand identity’ agar konsumen bisa membedakan produk Anda dengan yang lain. Misalnya saja, motif batik Iwan Tirta, meskipun tidak ada labelnya orang sudah tahu kalau itu batiknya label tersebut hanya dengan melihat bentuk motifnya. Jika ‘brand identity’ sudah terbangun, baru mulai eksperimen dengan gaya-gaya baru.

Identifikasi pasar
Mungkin menurut Anda produk yang ditawarkan tersebut unik, tapi belum tentu menurut orang lain. Lempar produk Anda ke semua target market yang ada, lalu dari situ Anda bisa fokus untuk membentuk dan menjual barang tersebut sesuai dengan target market yang tepat.

Pricing and positioning
Jika Anda merasa memiliki produk yang eksklusif dan unik jangan memasang harga tinggi dan memposisikan produk Anda untuk kelas atas. Apabila harga terlalu murah, akan rancu bagi identitas brand. Tentukan harga dengan tepat. Ingat, lebih mudah untuk menurunkan harga daripada meyakinkan pelanggan untuk membeli barang yang sama dengan harga lebih tinggi.

Don’t be a follower
Selalu memikirkan dua atau tiga langkah ke depan, jangan jadi pengikut dan teruslah berinovasi. Anda menciptakan merek, bukan sekadar produk semata. Dengan selalu berinovasi dan menjaga kualitas produk yang Anda punya, otomatis kredibilitas produk akan semakin membaik dan tentunya akan lebih dikenal oleh lebih banyak orang lagi.

Leave a Comment

Back to top
default-poup