Our blog

Pedoman Penggunaan Facebook Places


October 25, 2012 0 comments Facebook Bussiness, Facebook Tips

Situs jejaring sosial bentukan Mark Zuckerberg baru saja melansir fitur baru berjuluk Places, sebuah fitu yang sudah dinanti dan mampu memberikan fungsi location-based untuk Facebook. Walaupun Anda seorang pengembang dengan segudang ide aplikasi, pelaku bisnis yang memiliki rencana brilian atau hanya sekedar pengguna Facebook biasa yang ingin mengimplementasikan Places, ada beberapa detai yang harus dicatat sebelum menggunakan fitur ini. Nah, sebelum Anda memulainya, berikut yang wajib Anda ketahui tentang Places.

Cara Menggunakan Places
Pertama, Anda atau teman Facebook di dalam group Anda butuh smartphone. Jika Anda tidak punya iPhone, Anda juga bisa menggunakan Facebook Touch Mobile Site di browser yang support untuk HTML5 dan geolocation. Facebook juga berencana untuk melansir Places untuk Android dan Blackberry, namun belum mengkonfirmasi tanggal dan waktu peluncurannya.

Untuk menggunakan Places, masuk ke tab Places di aplikasi iPhone atau touch.facebook.com. Anda akan ditanyakan apakah Facebook diijinkan untuk mengetahui lokasi Anda. Saat Anda mengklik “allow,” maka Anda akan masuk ke interface Places. Dari situ Anda sudah bisa berbagi lokasi dengan teman, menemukan di mana teman Anda (jika mereka menggunakan Places) dan mencari tempat baru di sekitar Anda.

Anda dapat menambah places, atau check in ke places yang sudah ada dan tag siapa saja yang sedang bersama Anda. Namun jika Anda checkin untuk grup, pastikan Anda men-tag teman terlebih dahulu sebelum checkin. Untuk bisa menggunakan Places, Anda haruslah seorang pengguna Facebook yang tinggal di Amerika Serikat. Karena situs jejaring sosial raksasa ini mematok target untuk menghadirkan Places di seluruh penjuru AS dalam waktu beberapa hari.

Layanan Lain Yang Menggunakan Places
Facebook telah membuka beberapa data terkini yang bisa digunakan dan diakses oleh semua developer di Places. Hal ini berarti banyak aplikasi yang akan mulai mengambil informasi dari Places. Namun untuk saat ini, baru beberapa aplikasi saja yang dipilih untuk meneruskan informasi ke Places. Di antaranya adalah Gowalla, Foursquare, Booyah (pembuat MyTown dan Nightclub City) serta Yelp akan terintegrasi dengan Facebook Places.

Jika Anda menggunakan aplikasi mobile Yelp untuk checkin, maka Anda bisa meneruskan checkin tersebut ke Facebook Places, sama seperti saat menggunakan Gowalla dan Foursquare. Sementara Booyah berencana untuk melansir social game berbasis lokasi dengan tajuk InCrowd, dan akan dibangun di Facebook Places. Mereka mengatakan bahwa games tersebut dibuat berdasarkan interaksi orang dan sharing postingan real-time pada lokasi di real-world. Player bisa mensosialisasikan, bertemu teman baru dan melacak popularitas di aplikasi tersebut dan akan tersedia di iTunes App Store segera.

Places Untuk Bisnis dan Developers
Jika Anda pelaku bisnis, Anda dapatmenggunakan Places agar Facebook tahu lokasi bisnis Anda. Saat lokasi Anda telah dimasukkan ke dalam Places, baik oleh Anda maupun pengguna Facebook lainnya, Anda hanya perlu masuk ke halaman Place dari Facebook.com dan mengklik link yang mengatakan “Is this Place Page your business?” Jika Anda mengklaim lokasi tersebut sebagai bisnis Anda, maka sontak akan langsung menjadi Facebook Page. Kemudian Anda bisa memposting update kepada orang yang “like” page tersebut.

Places hanya bisa diklaim oleh perwakilan resmi dari sebuah perusahaan. Melakukan verifikasi Place butuh beberapa dokumen resmi, seperti local business license atau akreditas resmi dari pihak berwenang. Jika Anda developer dan tertarik untuk menggunakan salah satu API Places untuk mengimplementasikan teknologinya di aplikasi Anda, maka Anda beruntung. Facebook juga akan meluncurkan Read API. Api ini akan mengumpulkan beberapa checkin dari user dan teman yang teridentifikasi dan mengumpulkan data public tentang Places. Facebook telah membuat Write & Search API yang bisa digunakan oleh third-party app untuk mempublish checkin. Namun saat ini layanan tersebut masih dalam bentuk private beta.

Leave a Comment

Back to top
default-poup