Our blog

Pentingnya Punya Target Pasar dalam Jualan Online


January 15, 2014 1 comments Facebook Bussiness

Jualan online atau jualan di pasar secara konvensional punya beberapa kesamaan atau benang merah. Salah satunya adalah soal target pasar. Target pasar merupakan sekumpulan orang dengan karakter tertentu yang menjadi target atau diproyeksikan atau diprediksikan sebagai calon pembeli produk yang penjual tawarkan. Memiliki target pasar merupakan salah satu hal penting yang wajib dirumuskan oleh setiap calon penjual online.

1. Produk yang berkaitan

Seperti satu dapat dua, menentukan produk yang akan dijual juga berarti menentukan siapa orang-orang yang sekiranya membeli produk itu. Ketika sekelompok orang ini sudah bisa didefinisikan oleh penjual online, ke depannya bisa dikatakan mudah. Ia dapat menentukan produk-produk selanjutnya yang bisa ia tambahkan untuk melebarkan sayap toko online tanpa harus ke luar batas.

2. Sarana transaksi jual beli yang digunakan

Sarana atau channel yang diandalkan dalam jual beli online juga dapat ditentukan dari target pasar yang hendak dicapai. Misalnya, lewat Facebook, Twitter, atau sesederhana SMS. Penjual online bisa melihat channel mana yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar target pasar kemudian menjadikan channel tersebut sebagai sarana yang utama.

3. Promosi dan publikasi

Selain sarana untuk transaksi, pemilihan cara promosi dan sarana publikasi pun dapat ditentukan dari target pasar. Misalnya, dengan kuis-kuis berhadiah di Twitter untuk target pasar remaja hingga dewasa muda.

4. Desain toko online

Pemilihan warna dominan untuk toko online, baik toko online dengan domain sendiri, maupun dengan domain blog, juga dapat ditentukan dari target pasarnya. Contohnya, warna merah muda untuk toko online yang menjual produk untuk wanita serta biru atau hitam untuk toko online yang menjual produk buat laki-laki.

5. Bahasa yang digunakan

Bahasa yang digunakan pun dapat dipengaruhi dari pemilihan target pasar. Jika penjual menargetkan pembeli dari negeri seberang alias internasional, ia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang dominan di toko online-nya.

1 comments

  • Yadik hendriyanto January 21, 2014 at 02:02 am | Reply

    betul gan, adik saya yang jualan online aja pasarnya dikit. yah, tergantung kemauan pembeli.


Leave a Comment

Back to top
default-poup