Our blog

Pentingnya Rencana Agar Bisnis Tak Gagal


December 20, 2013 0 comments Facebook Bussiness

Menjalankan bisnis tanpa rencana ibarat mengemudikan sebuah kendaraan tanpa tujuan yang jelas. Sebab, jika kita berbisnis tanpa memiliki rencana tentunya peluang kegagalan akan lebih besar.

Perencanaan bisnis merupakan salah satu bagian yang paling penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Tidak peduli apakah itu sebuah bisnis besar yang berencana untuk ekspansi, atau sebuah bisnis kecil yang berusaha meluncurkan produk terbaru.

Banyak pemilik bisnis kecil yang mengabaikan sebuah perencanaan, terutama jika Anda adalah satu-satunya orang dalam perusahaan. Alasannya sangat sederhana, proses perencanaan dapat memakan waktu. Bagi pemilik bisnis kecil, waktu yang dihabiskan untuk perencanaan bisa berarti kehilangan pendapatan. Padahal manfaat dari perencanaan yang baik akan jauh lebih besar daripada kerugian mendapatkan pendapatan sementara.

Manfaat perencanaan bisnis lainnya adalah sebagai referensi bagi Anda untuk kembali fokus pada sebuah proyek. Kelak hal itu dapat Anda gunakan untuk memeriksa apakah Anda telah melenceng terlalu jauh dari tujuan utama. Menulis sebuah rencana bisnis juga akan membantu Anda berpikir lebih analitis dari pada sebelumnya mengenai industri dan peran Anda di dalamnya.

Dengan demikian Anda bisa melihat korelasi antara bagian-bagian yang berbeda dari bisnis. Misalnya bagaimana mengurangi biaya proses tertentu akan mempengaruhi margin keuntungan Anda secara keseluruhan. Nilai dari rencana bisnis tidak diragukan lagi. Menempatkan ide-ide dan konsep-konsep di atas kertas akan sangat berharga, dan tindakan untuk meneliti dan menyusun data mengenai pesaing dan pasar Anda akan terbukti sangat berguna di tahun-tahun mendatang.

Leave a Comment

Back to top
default-poup