Our blog

Prinsip-prinsip Manajemen Strategis


February 10, 2014 0 comments Facebook Strategy

Manajemen strategis bukan hanya sebuah mata kuliah yang diajarkan di sebagian besar jurusan bisnis di banyak perguruan tinggi. Ini merupakan sebuah metode yang digunakan entrepreneur atau pemilik bisnis untuk merencanakan dan melaksanakan keberhasilan bisnisnya. Kelas manajemen strategis meliputi konsepsi dan penggunaan pemasaran, pengaturan pegawai,  outsourcing, program sosial kepedulian masyarakat,  dan banyak faktor lainnya yang menjadi bagian dari pengelolaan bisnis dengan baik.

Visi

Satu prinsip manajemen strategis  ialah menciptakan dan menjaga visi perusahaan. Visi ini termasuk harapan bagi tempat perusahaan di pasar dalam jangka pendek dan jangka panjang, begitu juga dengan peran apa yang diambil perusahaan dalam masyarakat atau bahkan dalam bangsa.  Menjaga visi bisnis Anda dalam benak akan menentukan bagaimana Anda mengatur aspek lainnya dalam perusahaan.

Metode-metode untuk Meraih Visi

Setelah Anda memiliki visi dalam perusahaan Anda, Anda harus menemukan cara untuk mencapainya. Ini termasuk memperkenalkan perusahaan terhadap sebanyak-banyaknya orang, mendorong penjualan, mempertahankan pelanggan atau membangun lokasi atau waralaba lain. Menemukan sebuah metode yang tepat dan cocok untuk bisnis Anda ialah sebuah aspek sukar dalam manajemen strategis. Mudah untuk mengetahui apa yang Anda inginkan, tetapi sangat sulit untuk tahu bagaimana cara mewujudkan keinginan tersebut. Metode-metode yang bisa digunakan yaitu perubahan personil, outsourcing, pemasaran dan periklanan, dan investasi.

Pelaksanaan Metode

Manajemen strategis  tidak hanya meliputi perencanaan dan curah gagasan tetapi juga melaksanakan ide-ide dan metode yang telah Anda miliki.  Prinsip pelaksanaan manajemen strategis melibatkan realisasi ide-ide tersebut ke dalam dunia bisnis dan membuatnya bekerja untuk perusahaan Anda. Misalnya, setelah Anda memutuskan metode terbaik yang akan Anda gunakan untuk mendorong penjualan dalam bisnis Anda, contohnya iklan atau rencana pemasaran, manajemen yang baik juga membutuhkan pelaksanaan rencana tersebut. Hal ini bisa menjadi sebuah prinsip yang sulit karena sering membutuhkan investasi modal atau perubahan dalam perusahaan.

Menyesuaikan Visi

Prinsip  manajemen strategis lainnya ialah menyesuaikan  visi dengan keadaan yang ada di sekeliling bisnis Anda. Karena kondisi pasar dapat mempengaruhi bisnis Anda, dipandang perlu untuk menyesuaikan visi. Sama halnya dengan kondisi pasar, teknologi juga selalu berubah. Bisnis Anda membutuhkan sebuah penyesuaian yang berkala agar perusahaan tetap dapat bersaing di pasar di mana ia bergerak.

Leave a Comment

Back to top
default-poup