Our blog

Strategi Agar Sukses Beriklan di Facebook


September 04, 2014 0 comments Facebook Strategy

Media sosial Facebook memegang peranan penting dalam banyak strategi pemasaran bisnis. Situs jejaring sosial ini menjadi platform pemasaran yang sangat dinamis yang bisa menghasilkan hasil pencarian produk yang hampir serupa dengan mesin pencari.

Bob Buch, CEO biro periklanan berbasis sosial SocialWire, mengatakan, sebelum tahun 2013, isi Facebook masih “begitu-begitu saja”. Facebook hanya berkisar tentang bagaimana memperoleh segudang “likes” yang berarti seseorang menyukai apa yang Anda “posting” di laman Facebook Anda.

“Pada tahun 2013, ada pergeseran besar. Facebook mulai menjadi pengiklan (dan pemasar) produk yang cepat tanggap terhadap audiens. Ini juga mengubah kemampuannya (Facebook) untuk mengatur lalu lintas di luar situs,” kata Buch seperti dikutip dari Business News Daily, Rabu (3/9/2014).

Fitur Facebook Ads yang berbayar dapat mendorong penjualan produk. Akan tetapi, menurut Buch, hal itu dapat terjadi hanya jika iklan melalui Facebook Ads itu direncanakan dan dijalankan dengan baik. Oleh karena itu, Buch membagi beberapa hal yang harus diingat untuk merencanakan iklan melalui Facebook.

Pertama, anggaplah Facebook seperti mesin pencari. Ketika membuat iklan untuk dipampang di Facebook, carilah kata-kata kunci spesifik yang dapat mengarahkan audiens langsung ke produk Anda. Ini untuk efisiensi dan menghindari risiko produk Anda tidak dilirik lantaran banyaknya produk yang sejenis.

Kedua, jagalah agar iklan Anda selalu baru. Menayangkan iklan yang sama secara terus-menerus akan membosankan audiens. Ini bisa saja membuat mereka menyembunyikan perusahaan atau produk Anda dari “News Feed” mereka. Tetaplah membuat konsumen tertarik dengan meng-update foto produk Anda atau berilah penawaran-penawaran menarik.

Selanjutnya, ingatlah konsumen tidak mengunjungi Facebook untuk membeli barang. Pada dasarnya, mereka mengunjungi Facebook untuk terhubung dengan keluarga dan sahabat.

Kunci sukses iklan lewat Facebook adalah mendapatkan perhatian konsumen potensial sehingga mereka mungkin akan kembali, mencari produk Anda di Google, atau bahkan langsung mengunjungi web anda segera setelah mengunjungi Facebook.

Leave a Comment

Back to top
default-poup