Our blog

Strategi Jitu Ciptakan Loyalitas Pelanggan


February 13, 2014 0 comments Facebook Strategy

Penjualan sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Tentu, penjualan tak lepas dari adanya pelanggan-pelanggan yang membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Menciptakan loyalitas pelanggan, pada dasarnya berasal dari pembentukan hubungan yang kuat dengan kosumen. Bagi Anda yang punya produk, tujuannya orang akan datang lagi menemui Anda untuk membeli lagi, bahkan memutuskan untuk berlangganan.

Berapa pun jumlah pelanggan yang Anda miliki, kesetiaan mereka tetap menjadi faktor penting dalam bisnis Anda. Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan :

Buatlah pelanggan tahu apa yang Anda lakukan
Caranya bisa dengan menggunakan newsletter yang dikirimkan kepada pelanggan yang sudah ada, atau bisa lebih informal, seperti panggilan telepon. Apa pun metode yang Anda gunakan, kuncinya adalah untuk secara dramatis menunjukkan kepada pelanggan apa pelayanan prima yang bisa Anda berikan kepada mereka.

Buat prioritas hubungan
Pelanggan bisa langsung merasakan jika Anda menggunakan mereka hanya untuk tujuan atau agenda Anda tersendiri. Jalin dulu kedekatan hubungan dengan pelanggan dan perlakukan mereka layaknya orang penting, ketimbang hanya fokus pada penjualan. Saat kedekatan hubungan itu terjalin, pelanggan Anda akan merasakan Anda punya kepentingan terbaik di hati mereka.

Konsisten dan dapat dipercaya
Orang hanya akan memberikan kesetiaan kepada orang-orang yang mereka percaya. Pelanggan memutuskan apakah akan mempercayai Anda berdasarkan perilaku Anda sehari-hari. Jika perilaku Anda sering berubah-ubah, kemungkinan besar mereka akan menghindar. Namun jika pelayanan Anda konsisten dari waktu ke waktu, mereka akan tahu bahwa Anda dapat diandalkan.

Profesional
Pelanggan ingin berbisnis dengan orang yang memang serius dengan apa yang mereka lakukan dan bersedia meluangkan waktu untuk mencapai pemahaman yang mendalam tentang kerajinan/produk mereka, industri mereka, dan cara kerja bisnis pelanggan.

Buat komunikasi yang nyata dan personal
Pertemuan pelanggan harus tentang percakapan dan tidak melulu tentang penjualan. Cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu mendengarkan pelanggan daripada berbicara kepada pelanggan.

Manfaatkan kesempatan khusus
Mengirim kartu ulang tahun kepada pelanggan atau mengingat hari spesial mereka adalah salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan. Hadiah dan bonus juga bisa menjadi alat yang sangat baik untuk meningkatkan loyalitas. Gunakan kreativitas Anda untuk memunculkan ide-ide menarik mengenai hadiah yang mengikat pelanggan dalam bisnis Anda.

Tanamkan integritas kerja
Jangan pernah takut untuk mengambil sikap, bahkan ketika itu tidak populer dengan pelanggan Anda atau perusahaan Anda. Memberikan pemahaman dan menjalankan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kepada pelanggan adalah pelayanan terbaik yang bisa diberikan. Ini tandanya Anda memiliki integritas dalam bekerja.

Leave a Comment

Back to top
default-poup