Our blog

Strategi Positioning Agar Bisnis Anda Berkembang


August 19, 2014 0 comments Facebook Strategy

Menjalankan sebuah usaha gampang-gampang susah. Selain tekad, membuka usaha, tidak cukup hanya bermodalkan uang banyak atau ide yang cermerlang.

Betapa banyak orang yang memenuhi kriteria tersebut namun gagal di tengah jalan. Salah satu yang luput dari perhatian adalah strategi positioning (penempatan posisi). Sebagus apapun ide atau tim manajemen Anda, tanpa strategi yang tepat, bisnis Anda akan menjadi sia-sia.

Untuk itu, Anda harus mengembangkan strategi positioning untuk mengembangkan usaha Anda. Lalu apa saja variabel positioning. Berikut 4 variabel positioning yang harus Anda pahami dalam menjalankan bisnis.

1. Kategori
Sebuah usaha laundry yang hanya melayani pakaian pria atau misal resto yang khusus melayani orang yang vegetarian bisa membangun strategi positioning-nya berdasarkan kategori produk tersebut. Tetapi, cara ini juga bisa Anda pakai untuk produk paritas yang sulit menemukan atau memang tidak memiliki kekhususan, asal klaim Anda tersebut belum dipakai pesaing Anda.

2. Citra
Kalau yang satu ini, Anda membuat strategi positioning yang bersifat asosiatif. Contohnya di Yogyakarta, ada sebuah warung pecel yang sukses membangun citranya sebagai tempat makan sekaligus tempat yang paling tepat untuk bernostalgia semasa dulu menjadi mahasiswa.

Cuma masalahnya, strategi positioning citra akan mengalami kegagalan jika Anda tidak membangunnya dengan kreatif, pilihan “image”-nya tidak realistik atau Anda tidak mengkomunikasikannya dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga Anda tidak berhasil membangun asosiasi antara merek dengan citra yang Anda kehendaki.

3. Fitur produk yang unik
Cara ini adalah memakai unsur yang unik yang dimiliki produk atau perusahaan Anda. Fitur produk tersebut bisa atribut yang nyata (tangible) maupun yang tidak nyata (intangible). Sebagai contoh, penerbangan murah adalah atribut yang tidak nyata, tetapi penerbangan yang sederhana dan efisien adalah atribut yang nyata.

4. Manfaat
Tipe positioning yang satu ini didasarkan pada manfaat, keunggulan yang dimiliki produk dalam memuaskan kebutuhan, keinginan serta selera konsumen Anda. Manfaat umumnya berdasarkan pengalaman, bersifat fungsional atau simbolik.

Jika Anda menerapkan empat strategi positioning di atas, besar kemungkinan bisnis Anda akan dikenal dan selanjutnya tumbuh berkembang.

Leave a Comment

Back to top
default-poup