Our blog

Tips Dasar Sukses Berbisnis


August 12, 2013 0 comments Facebook Tips

Membangun bisnis sendiri mulai dari nol bisa menjadi suatu pekerjaan yang menantang. Apalagi, jika Anda tidak memiliki pengalaman di bidang tersebut sebelumnya. Akan tetapi, jangan langsung berputus asa. Dengan tekad kuat dan kemauan untuk berusaha, segala aral yang menghadang pasti bisa diatasi.

Berikut ini empat tips sukses berbisnis yang dapat Anda terapkan:

1. Pelajari pasar
Bergaullah dan jelajahi internet untuk meneliti para kompetitor dan mencari tahu harga yang mereka tetapkan untuk produk atau jasa serupa yang ditawarkan. Jalin komunikasi dengan calon konsumen untuk mengetahui apakah mereka tertarik membeli jasa atau produk yang Anda tawarkan.

2. Tulis rencana bisnis
Untuk mendapatkan kucuran dana dari para investor atau bank, Anda perlu membuat sebuah rencana bisnis. Paling tidak, Anda memiliki misi dan tujuan dan tidak datang dengan tangan kosong. Sebagai panduan menulis rencana bisnis, cari referensi melalui buku-buku yang relevan atau buka situs business.gov.

3. Ikuti aturan
Cari tahu apakah Anda memerlukan sertifikasi khusus atau izin untuk membuka usaha. Jika Anda membuka studio pilates, misalnya, Anda membutuhkan pelatihan khusus serta akreditasi.

4. Kekuatan promosi
Acara arisan atau kumpul-kumpul lainnya merupakan ajang yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Promosi dari mulut ke mulut biasanya cukup ampuh untuk menjaring calon konsumen baru, terutama jika konsumen sebelumnya merasa puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, jangan lupakan kemampuan berbagai situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook sebagai media pemasaran. Jika bisa, bentuk komunitas yang terdiri atas para konsumen untuk memudahkan mereka mendapatkan informasi terbaru mengenai bisnis Anda.

Leave a Comment

Back to top
default-poup