Our blog

Tips Untuk Menjalankan Social Media Community


August 15, 2012 2 comments Facebook Tips

Apakah Anda pernah memikirkan bagaimana cara berlatih etika sosial sambil menjalankan komunitas jejaring sosial dalam waktu yang bersamaan? Social media community management memang membutuhkan beberapa cara yang sedikit harus dipikirkan dengan serius agar komunitas yang sedang diayominya bisa berjalan sesuai dengan harapan. Yang pasti, selain harus ramah dan sopan, seorang social media community manager harus memiliki nalar dan kreativitas yang tinggi serta dedikasi untuk terus menggawangi komunitasnya. Daripada berpanjang-lebar, lebih baik kita langsung saja menyimak beberapa tips untuk menjalankan social media community.

Jawab Pertanyaan atau Komentar
Dengan berkembangnya komunitas dan banyaknya customer atau fans yang berpartisipasi pada platform jejaring sosial yang Anda asuh, maka sebuah bisnis atau komunitas wajib melakukan lebih dari hanya sekedar memposting status updates. Mereka harus siap dan mau menjawab beragam komentar atau pertanyaan.

Berdasarkan survey yang dihelat oleh InSites Consulting, menemukan fakta bahwa delapan dari sepuluh perusahaan menjawab pertanyaan atau complain dari customer di social media. Survey tersebut juga menujukkan bahwa rata-rata perusahaan di AS sangat sukses saat menjawab pertanyaan lewat social media: “83% perusahaan menyatakan bahwa mereka kerap menjawab pertanyaan atau complain yang diajukan lewat social media.

Arahkan Orang ke Website Lewat Social Media
Kadang, saking serunya perbincangan di social media, beragam bisnis lupa bahwa salah satu tujuan social strategi adalah mengarahkan customer atau calon customer ke website perusahaan. Menurut Silvia Pencak, “Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, social media akan sangat bermanfaat untuk menarik pelanggan ke website Anda. Anda bisa mendapatkan kepercayaan dan meyakinkan mereka bahwa produk Anda lebih baik dari pesaing.

Ada dua rekomendasi yang bisa Anda jalankan: 1) Pertahankan pelanggan Anda dengan informasi terbaru dan posting secara teratur. 2) Berkomunikasi dengan pelanggan. Jika konsumen memposting komentar atau pertanyaan pada page Anda, pastikan untuk memberikan respon secepatnya. Dengan melakukan langkah tersebut tidak hanya akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda bisa memberikan pelayanan yang baik namun juga membantu untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

Minta Tanggapan
Kita mungkin sudah mendengar jutaan kali bahwa interaksi adalah salah satu hal penting yang harus dipahami oleh social media community manager. Namun apa yang paling efektif? Ajukan pertanyaan yang bisa membuat konsumen berhenti, melihat dan melakukan respon terhadap pertanyaan tersebut. Coba telaah kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda posting di artikel, tweet atau Facebook. Lihat pertanyaan manakah yang menuai jumlah respon lebih banyak? Pelajari dan lakukan lagi.

Buat Strategi Konten Yang Bermutu

Lakukan analisa terhadap report yang pernah Anda berikan dan sajikan ke klien. Dari situ Anda bisa menciptakan strategi konten yang berkualitas. Anda harus melakukan evolusi terhadap strategi konten dari waktu ke waktu, berdasarkan apa yang terjadi dalam industri Anda, dengan audiens Anda dan di dunia sekitar Anda.

Kejujuran Merupakan Kebijakan Terbaik
Anggota komunitas (yang memfollow Anda di social media) telah menginvestasikan waktu yang banyak di brand Anda. Jadi perlakukan mereka jauh lebih baik dan jujur. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara merespon sesuatu dan tidak tahu apakah Anda boleh langsung meresponnya, diskusikan terlebih dahulu dengan tim atau atasan Anda.

Mudah Diingat
Buat akun Anda menjadi mudah diingat. Caranya bisa dengan memanfaatkan foto dan video, mengaktifkan social sharing pada semua konten, bermain di Google+, memanfaatkan YouTube karena jauh lebih canggih dari yang pernah dibayangkan, optimalkan konten Anda untuk pembaca mobile, dan berikan alasan orang untuk terlibat.

Sisipkan Humor
Anda juga bisa menyelipkan humor di dalam setiap aktivitas social media. Pasalnya, humor merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian orang, namun humor juga bisa menjadi sedikit tricky. Pertimbangkan target market, lakukan tes dan fokus pada feedback dari fans. Komedi itu subjektif, jadi jangan berharap bisa membuat senang semua orang.

Pantau Pesaing
Jangan terlena dengan strategi yang Anda anggap berhasil di ranah social media. Ingat, competitor sedang memantau Anda. Dan jika Anda lengah, maka mereka akan langsung meruntuhkan dominasi Anda. Jadi, rajin-rajinlah memantau akun-akun social media milik kompetitor. Pelajari langkah-langkah yang sudah mereka lakukan dan perediksi apa saja yang akan mereka lakukan. Setelah membuat kesimpulan dari hal tadi, buatlah tindakan preventif agar akun yang Anda pegang tetap mampu menjadi pionir.

2 comments

  • logousaha August 24, 2012 at 19:31 pm | Reply

    Sangat bermanfaat tipsnya,, smg barokah


  • Jam Murah October 24, 2012 at 13:32 pm | Reply

    Yes! Finally someone writes about jam tangan.


Leave a Comment

Back to top
default-poup