Our blog

Trik dan Tips Menghadapi Persaingan Bisnis


June 03, 2014 0 comments Facebook Tips

Persaingan menjadi hal mutlak yang harus dihadapi oleh para pebisnis. Strategi kompetitor dalam merebut pasar tak jarang membuat kita panik. Strategi potongan harga kerap menjadi pilihan jalan keluar yang kita ambil. Cara ini bisa saja menaikkan angka penjualan dengan risiko berkurangnya keuntungan. Namun, apabila cara ini terus diterapkan bisa jadi justru menyeret bisnis yang telah dibangun ke dalam jurang kebangkrutan.

Lalu bagaimana cara sukses menghadapi kompetitor? Membuat bisnis Anda terlihat berbeda dan unggul dari yang lain adalah cara yang cerdas dalam menghadapi kompetitor. Simak tips berikut ini:

1. Produk unggulan

Tak perlu panik dengan ulah kompetitor yang mulai menarik hati pasar. Lihat produk apa saja yang Anda punya, bandingkan dengan produk-produk kompetitor dan perhatikan produk apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Jadikan produk itu sebagai produk unggulan Anda.

2. Peningkatan kualitas

Kualitas menjadi aset yang sangat berharga dalam sebuah usaha. Kualitas produk atau pelayanan yang tidak baik tentu bisa membuat pelanggan kabur dan membuat para calon pembeli tidak lagi tertarik. Tak perlu melakukan perang harga dengan memberikan diskon gila-gilaan untuk terlihat menarik. Tingkatkan saja kualitas pelayanan dan produk lebih dari yang kompetitor lakukan, maka para pelanggan akan setia dan calon pembeli pun akan datang.

3. Fitur berbeda

Apabila produk Anda dan kompetitor mirip, buatlah fitur unggulan yang berbeda dari kompetitor. Pembeli akan tertarik dengan produk Anda yang memiliki fitur unggul meskipun harganya di atas produk kompetitor. Contohnya Apple, meskipun menjadi gadget termahal, namun fitur unggulannya membuat para fans Apple tetap setia membeli produk Apple.

4. Fasilitas dan Kenyamanan

Di era digital ini, hampir semua hal dilakukan serba digital demi alasan kenyamanan dan kecepatan. Menjamurnya situs belanja online bisa menjadi indikatornya. Dengan memberikan fasilitas dan kenyamanan kepada calon pembeli atau customer, misalnya saja sebuah klinik melayani konsultasi online dengan pasiennya, tentu akan memberikan perbedaan dan membuat produk dan jasa Anda terlihat menarik.

Tips sukses di atas merupakan cara yang paling dasar dalam menghadapi kompetitor bisnis. Dengan melakukan cara di atas Anda dapat sukses bertahan atau bahkan menjadi pemenang dalam kompetisi di dunia bisnis tanpa harus mengurangi keuntungan.

Leave a Comment

Back to top
default-poup