Our blog

Tujuh Jurus Memancing Ide Bisnis Paling Brilian


June 10, 2014 0 comments Facebook Tips

Menjadi kreatif dan inovatif selalu menjadi salah satu bagian penting dalam berbisnis. Menghasilkan gagasan bisnis tentu bukan hal yang mudah. Belum lagi, gagasan yang bagus belum tentu merupakan ide hebat. Lalu apa bedanya?

Gagasan yang bagus sering muncul dan hanya mampu menyelesaikan sejumlah masalah kecil dalam bekerja. Sebaliknya, gagasan yang hebat cenderung jarang muncul dan memerlukan lebih banyak waktu untuk merealisasikannya.

Tantangan terbesar untuk menghasilkan berbagai gagasan cemerlang adalah membebaskan diri Anda dari kebiasaan konvensional yang dijalani selama ini. Biarkan pikiran Anda beristirahat saat otak Anda sudah lelah bekerja.

Lebih jelasnya, berikut tujuh tips yang bisa membuat Anda memancing lahirnya berbagai gagasan hebat:

1. Sering melakukan observasi
Ide cemerlang tak akan datang dengan berdiam diri. Anda harus melatih otak untuk berpikir secara kreatif.

Buat jadwal khusus untuk menstimulasi otak Anda untuk berpikir dengan cara yang berbeda. Anda bisa mengamati orang yang tengah berlalu lalang, sikapnya atau kecenderungan yang muncul. Melihatnya akan menghadirkan perspektif dan cara berpikir baru. Hal tersebut bisa memancing berbagai ide baru untuk berbisnis.

2. Banyak bergaul
Jalan-jalan dengan teman atau rekan kerja bisa membuat pola pikir Anda berbeda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk menambah teman bicara.

Orang-orang baru tak mengenali Anda secara mendalam. Anda pun harus berpikir kembali untuk menceritakannya secara singkat dan jelas.  Kegiatan sederhana ini bisa memancing dan melatih Anda berpikir rinci. Tentu saja, kebiasaan ini dapat melahirkan berbagai gagasan bisnis yang kreatif.

3. Sering membaca buku
Bukan hal yang asing lagi, buku merupakan cara hebat untuk menciptakan berbagai pikiran baru dan menstimulasi munculnya sejumlah inovasi.

Membaca buku bisnis atau kisah pengusaha sukses dapat mengaktifkan kemampuan kreatifitas Anda dengan lebih baik. Berbagai pikiran kreatif akan mucul sebagai gagasan bisnis yang cemerlang.

4. Rajin mengeksplorasi situs internet
Google memang terkenal memberikan berbagai informasi pada sebagian besar pengguna internet di dunia. Namun jika Anda ingin mendapat gagasan bisnis tak terduga, Anda bisa berpetualang di dunia internet. Dengan begitu, banyak hal dapat ditemukan untuk menstimulasi lahirnya berbagai ide brilian.

5. Membuat catatan harian
Merekam isi pikiran, perasaan dan pengalaman hidup, paling baik dilakukan dengan mencatat. Kebiasaan menulis seperti ini juga merupakan cara hebat untuk memancing berbagai ide brilian. Jika Anda belum memilikinya, belum terlambat untuk memulainya saat ini.

6. Meditasi
Mendapatkan ide cemerlang saat pikiran sedang kacau tentu sangat sulit. Anda butuh waktu untuk sendiri. Meditasi sejenak bisa membantu Anda menjernihkan pikiran dari bisnis dan tekanan harian yang Anda terima.

Dengan bermeditasi Anda bisa menyelesaikan berbagai persoalan dengan lebih tenang. Dua jam setiap minggu bisa membuat berbagai ide hebat mengalir di pikiran Anda.

7. Olahraga teratur
Kreativitas lahir dari berbagai kegiatan terstruktur. Olahraga ringan dapat membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Dengan lebih fokus, Anda bisa menghasilkan ide-ide cemerlang.

Seluruh cara tersebut membutuhkan komitmen. Meski banyak waktu dan tenaga yang dikorbankan, keduannya merupakan kunci lahirnya gagasan hebat. Anda hanya perlu memberi waktu dan rehat bagi otak Anda dan tidak memaksanyaberpikir terlalu kelas. Setelah ide-ide hebat berdatangan, sisanya terserah Anda.

Leave a Comment

Back to top
default-poup