Our blog

Yang Harus Diketahui Tentang Facebook Privacy Setting


October 01, 2012 0 comments Facebook Strategy

Kendati banyak kontroversi akibat Facebook menerapkan privacy setting baru, namun kami mencoba menyajikan lima fakta yang patut Anda ketahui. Termasuk beberapa perubahan yang baik dan yang tidak seberapa baik.

Search Setting

Mungkin saat mengecek search setting di halaman Facebook Anda pagi ini, Anda bakal menemukan option di index public search engine menyala. Padahal bisa jadi Anda sudah mematikan layanan ini saat Facebook pertama kali meluncurkan public search dua tahun lalu. Jika tidak menginginkan beberapa search engine seperti Google dan Bing merujuk langsung ke profile Facebook Anda, maka coba langkah berikut dan pastikan settingan ini sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk meng-adjust privacy setting segera klik Setting>Privacy Settings>Search. Jika kotak “Allow Index” menunjukan tanda check, maka bisa dipastikan search engine akan langsung mengakses ke informasi pribadi Anda.

Password Protection Layer

Facebook telah menambahkan layer baru di protection untuk merubah setingan privasi. Dengan peraturan baru maka Anda wajib memasukkan password kapanpun Anda mau mengganti privacy setting. Ini adalah cara yang brilian, sebelas dua belas dengan aturan yang ada di beberapa situs lain. Namun ternyata pelindung tambahan ini juga tidak mampu bekerja dengan sempurna. Facebook tidak serta merta meminta password protection setelah privacy setting diganti.

Publicly Available Information

Facebook juga merubah apa yang mereka anggap sebuah Publicly Available Information (PAI)- tanpa sedikitpun menolong pengguna untuk mengontrolnya. Inilah yang menjadi masalah besar bagi Electronic Frontier Foundation (EFF). Informasi yang bernaung di bawah bendera PAI termasuk profile picture, friend list, fan pages, gender, geographic region dan network (school, work, etc). Facebook sama sekali tidak menyediakan layanan untuk memproteksi informasi-informasi di atas. Untuk mengilustrasikan pentingnya layanan proteksi ini misalkan Anda ikut fan page yang mendukung perkawinan sesama jenis (poin yang ditunjuk EFF). Berhubung ini adalah isu yang cukup controversial maka tentu Anda tidak ingin hal seperti ini diketahui oleh teman-teman yang ada di friend list atau network Anda. Nah, hal seperti inilah yang tidak disediakan oleh Facebook.

Friends List

Meskipun secara teknis orang-orang yang ada di dalam friends list masuk dalam kategori PAI, namun Anda masih bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengaksesnya. Nah, control atas informasi ini bisa dijumpai di halaman profil Facebook, bukan di privacy setting. Jika Anda ingin membatasi siapa saja orang yang bisa melihat daftar teman di Facebook, klik ikon pensil di sebelah Friends widget di bawah profile picture, dan uncheck kotak yang mengatakan “Show my friends on my profile. Informasi lain yang bisa Anda hilangkan dari profile page di antaranya adalah jenis kelamin dan kota tempat Anda tinggal.

Hyper Control

Saat Facebook menghilangkan kemampuan mengatur publicly available information, Anda bisa bersikap lebih ekstrim dengan mengontrol beberapa bagian di Facebook Profile. Anda juga dapat membatasi siapa saja yang bisa melihat dan mengakses shared content berdasarkan per-post. Hanya ingin teman-teman tertentu yang bisa melihat status update? No problem. Tidak ingin foto-foto yang Anda unggah dilihat oleh teman-teman kantor? Sekarang Anda bisa melakukan semua itu.

Leave a Comment

Back to top
default-poup