Our blog

Yang Wajib Ada di Website Usaha Kecil


September 19, 2013 0 comments Facebook Bussiness

Website menjadi sarana promosi dan marketing yang tepat bagi perkembangan industri berskala mikro dan kecil. Praktis, efektif dan komunikatif merupakan segelintir aspek positif yang mendorong pelaku usaha untuk meluncurkan website bidang usahanya. Meski demikian, banyak pula usaha kecil yang gulung tikar dari jagat maya dikarenakan berbagai macam hal, antara lain website-nya tak memberi feedback serta penjualan yang sesuai harapan atau dinilai tak mampu memberi informasi yang benar-benar dibutuhkan customer. Mengapa hal itu terjadi?

Menurut Lisa Barone, Co-Founder and Chief Branding Officer Outspoken Media, Inc., perusahaan yang fokus menangani manajemen online dan jasa internet, , seperti yang dikutip dari Small Business Trends,permasalahan di atas terjadi karena banyak pelaku bisnis yang tak mencantumkan informasi atau fitur yang bisa dijadikan sumber informasi bagi konsumen. Untuk mencegah hal tersebut, Barone mengungkapkan 6 hal yang harus ada dalam website usaha kecil :

Intuitif Navigasi
Kegagalan sering terjadi pada website dengan navigasi yang sulit diakses oleh user. Oleh karenanya buatlah navigasi yang intuitif atau mudah dipahami user. Navigasi yang intuitif menurut Barone adalah navigasi yang :
• Tidak harus semuanya dalam bentuk Flash.
• Menempatkan search box pada posisi yang mudah dicari dan tidak tersembunyi.
• Memakai nama fitur yang lazim diingat seperti shopping cart alih-alih product receptacle, dll

Konten Berbobot
Cara untuk membedakan website Anda dengan pesaing yang berusaha menjadi plagiator adalah dengan membuat konten berkualitas. Tunjukkan bahwa website Anda berkelas dengan menayangkan sejumlah informasi yang dikemas serta disusun semenarik mungkin, misalnya :
• Dirancang menyerupai e-book.
• Berisi business checklist yang bisa diunduh atau di-download oleh user.
• Berisi beberapa artikel atau karya tulis yang berasal dari blog Anda, dll.

Blog
Menampilkan link blog di website memang bukan hal baru di dunia maya. Tetapi hal itu ampuh untuk menarik perhatian user. Bagi usaha kecil, blog bisa dijadikan jati diri perusahaan atau company voice. Blog juga dapat dijadikan media untuk berkomunikasi dengan user serta wadah berbagi pengalaman, kisah serta informasi secara lebih mendetil. Anda tak perlu meng-update blog setiap hari namun buatlah jadwal yang tetap untuk menjaga jalinan interaksi serta komunikasi dengan user.

Alamat, Telepon dan Kontak Lain
Salah satu cara efektif bagi usaha kecil untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata user adalah dengan menampilkan alamat, telepon, e-mail address dan kontak lain seperti Twitter, Facebook, dll. Aneka macam informasi itu merupakan bukti bahwa usaha yang sedang Anda kelola benar-benar nyata sehingga memberi kemudahan bagi user untuk mengadakan kontak dengan Anda.

Ulasan
Ulasan yang berisi rekomendasi dari pihak-pihak berpengaruh sangat penting untuk ditampilkan di website Anda. Tujuannya untuk menambah kredibilitas perusahaan serta meningkatkan jumlah user yang berkunjung ke website Anda.

Cara Berbelanja
Ketika user puas mengakses website Anda dan cocok dengan produk yang Anda tawarkan, hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah membeli produk Anda. Agar proses transaksi berjalan lancar, buatlah fitur cara berbelanja yang mudah dipahami oleh user. Pandu user menuju ke fitur pembelian itu dengan menggunakan kata-kata yang bisa langsung dicerna seperti misalnya buy now, dll.

Leave a Comment

Back to top
default-poup